Julianto, Bagas (2024) PENGARUH REDUKSI COLD ROLLING DAN TEMPERATUR SOLUTION TREATMENT TERHADAP SIFAT MEKANIK DAN KOROSI DUPLEX STAINLESS STEEL Fe-10Mn-16Cr-3Mo UNTUK APLIKASI OFFSHORE. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text (Fulltext)
Bagas Julianto_3334200090_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only until 1 January 2025. Download (10MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 1)
Bagas Julianto_3334200090_01.pdf Restricted to Registered users only until 1 January 2025. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 2)
Bagas Julianto_3334200090_02.pdf Restricted to Registered users only until 1 January 2025. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
Bagas Julianto_3334200090_03.pdf Restricted to Registered users only until 1 January 2025. Download (632kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
Bagas Julianto_3334200090_04.pdf Restricted to Registered users only until 1 January 2025. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
Bagas Julianto_3334200090_05.pdf Restricted to Registered users only until 1 January 2025. Download (97kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Referensi)
Bagas Julianto_3334200090_Ref.pdf Restricted to Registered users only until 1 January 2025. Download (193kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
Bagas Julianto_3334200090_Lamp.pdf Restricted to Registered users only until 1 January 2025. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Cek Plagiasi)
Bagas Julianto_3334200090_CP.pdf Restricted to Registered users only until 1 January 2025. Download (28MB) | Request a copy |
Abstract
Menurut Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam rentang tahun 2018-2023 terdapat kejadian kebocoran minyak bumi di Indonesia sebanyak 8.401 barel saat proses ekploitasi dan transportasi minyak bumi. Oleh karena itu, perlu dikembangkan material dengan sifat mekanik dan ketahanan korosi yang baik agar dapat meminimalisir insiden pada offshore. Baja tahan karat dupleks dengan dua fasanya sering digunakan pada offshore karena perpaduan sifat mekanik dan ketahanan korosi yang baik. Penelitian ini menggunakan material baja tahan karat dupleks Fe-10Mn-16Cr-3Mo yang divariasikan persen reduksi cold rolling dan temperatur solution treatment guna meningkatkan sifat mekanik dan ketahanan korosinya agar dapat dijadikan material untuk aplikasi di lingkungan offshore. Karakterisasi yang dilakukan berupa pengamatan mikrostruktur, pengujian kekuatan, kekerasan, dan ketahanan korosi. Diamati bahwa terdapat dua fasa yaitu ferit dan austenit kecuali sampel temperatur 1250°C yang terindikasi adanya kromium nitrida (Cr2N). Perlakuan cold rolling berdampak terhadap memanjangnya butir dan perlakuan solution treatment berdampak terhadap meningkatnya porsi fasa ferit/austenit. Seiring dengan peningkatan persen reduksi cold rolling, nilai kekuatan luluh (YS), kekuatan tarik (UTS), dan kekerasan material mengalami kecenderungan peningkatan. Peningkatan temperatur solution treatment sampai ke 1150°C berakibat terhadap menurunnya laju korosi dan peningkatan temperatur lebih lanjut akan meningkatkan laju korosinya. Kekuatan luluh dan tarik terbaik didapatkan pada sampel 40C dan 60A dengan nilai masing-masing sebesar 629 MPa dan 916 MPa. Elongasi dan kekerasan terbaik didapatkan pada sampel 20A dan 60C dengan nilai masing-masing sebesar 57,2% dan 279,73 HV. Sedangkan, laju korosi terendah diperoleh pada sampel 60B dengan nilai 0,000014 mpy.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy |
|||||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik > 27201-Jurusan Teknik Metalurgi | |||||||||
Depositing User: | Bagas Julianto | |||||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2024 08:42 | |||||||||
Last Modified: | 11 Dec 2024 08:42 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/44416 |
Actions (login required)
View Item |