Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD DENGAN SISTEM PERMAINAN BRIDGE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA SUBKONSEP KLASIFIKASI HEWAN DI SMPN 2 SOBANG

ERNI, ERNI (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD DENGAN SISTEM PERMAINAN BRIDGE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA SUBKONSEP KLASIFIKASI HEWAN DI SMPN 2 SOBANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Pengaruh Penggunaan media flash card dengan sistem permainan bridge terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada subkonsep klasifikasi hewan di smpn 2 sobang.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRACT This research was aimed to find out the effect of using flashcard media by bridge playing to student’s critical thinking ability on the animal classification subconcept. The research method was quasi-experimental method with control group design pretest-posttest. The population in this research is all of 7 th grade student’s of SMPN 2 Sobang 2012-2013 academic year, with class VII C as experimental class and VII B as control. The sampling determined by random sampling technique. Data obtained with essay test, learning observation sheets and responses questionnaire. The result shows that critical thinking ability of experimental class is higher (72,22) than control class (54,88). The students’ thinking abilities of experimental class are categorized as critical. Based on t-test result it can be concluded that utilizing flash card media by bridge playing were influencing to students’ critical thinking ability on the animal classification subconcept. Keywords: Media, flash card, critical thinking, animal classification.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFirdaus, Najmi198003112005011002
Thesis advisorNulhakim, Lukman1979040920071011001
Additional Information: ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flash card dengan sistem permainan bridge terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada subkonsep klasifikasi hewan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media flash card dengan sistem permainan bridge sedangkan kemampuan berpikir kritis sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Sobang tahun ajaran 2012-2013, dengan sampel siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel berupa simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes uraian, lembar keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon. Hasil penelitian menunjukan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi (72,22) dari pada kelas kontrol (54,88). Kemampuan berpikir siswa kelas eksperimen termasuk kategori kritis. Berdasarkan hasil analisis uji t, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media flash card dengan sistem permainan bridge terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada subkonsep klasifikasi hewan. Kata Kunci: Media, Flash card, Berpikir kritis, Klasifikasi hewan.
Uncontrolled Keywords: Media, Flash card, Berpikir kritis, Klasifikasi hewan. Media, flash card, critical thinking, animal classification.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Nov 2021 09:57
Last Modified: 08 Nov 2021 09:57
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4439

Actions (login required)

View Item View Item