HASFIYATI, HASFIYATI (2014) PENGARUH PENGGUNAAN BUKU TEKS BIOLOGI MELALUI METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA DI SMAN 3 CILEGON. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
Pengaruh penggunaan buku teks biologi melalui metode diskusi terhadap hasil belajar siswa pada konsep archaebacteria dan eubacteria di SMAN 3 Cilegon.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRACT The purpose of this research was to observe: the influence of biology text book otilization toward student learning outcomes on Archaebacteria and Eubacteria concepts. This research was quasi experimental research with Nonrandomized Control GroupPretest-Postest Design.The population was all of first grade students of Senior High School 3 in Cilegon school year of 2013/2014. Sample of this research consisted of two classes; class X.4 as experiment class and class X.1 as control class. Method of sampling was conducted Random Sampling. Data were collected using cognitive ability test with multiple choice. And analyzed by t-test to examine the hypotheses. The result of research showed that there was an influence of using biology text book toward student learning outcomes based on ttest with significant on α = 0, 05 and the value obtained is 0,001 (0,001 < 0, 05) so H is rejected. Keyword: Text book medium, learning outcomes (cognitive ability), discussion 0 method.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh penggunaan buku teks biologi terhadap hasil belajar siswa pada konsep Archaebacteria dan Eubacteria. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen atau eksperimen semu yang menggunakan desain penelitian Nonrandomized Control GroupPretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Cilegon tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan kognitif berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t (t-test) untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan buku teks biologi terhadap hasil belajar siswa berdasarkan analisis uji t dengan signifikan pada α = 0,05 nilai yang diperoleh sebesar 0,001 (nilai 0,001< 0,05) maka H ditolak. Kata kunci: Media buku teks, Hasil Belajar (ranah kognitif), Metode diskusi | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media buku teks, Hasil Belajar (ranah kognitif), Metode diskusi Text book medium, learning outcomes (cognitive ability), discussion 0 method. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2021 09:52 | |||||||||
Last Modified: | 08 Nov 2021 09:52 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4436 |
Actions (login required)
View Item |