Hidayat, Nur (2024) Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Guru terhadap Kemampuan Praktik Siswa melalui Adversity Intelligence dan Pembelajaran Tutor sebaya di SMKN 1 Kramatwatu. Doktoral thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
![]() |
Text
Disertasi Nur Hidayat 7782210003.pdf Restricted to Registered users only Download (22MB) |
![]() |
Text
Disertasi Nur Hidayat 7782210003_01.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Disertasi Nur Hidayat 7782210003_02.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) |
![]() |
Text
Disertasi Nur Hidayat 7782210003_03.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
![]() |
Text
Disertasi Nur Hidayat 7782210003_04.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Disertasi Nur Hidayat 7782210003_05.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
![]() |
Text
Disertasi Nur Hidayat 7782210003_Reff.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
![]() |
Text
Disertasi Nur Hidayat 7782210003_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh langsung dan tidak langsung pembelajaran berdiferensiasi guru, adversity intelligence, pembelajaran tutor sebaya terhadap kemampuan praktik siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode eksperimen dengan dua variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini, siswa jurusan teknik instalasi tenaga listrik SMKN 1 Kramatwatu berjumlah 175 yang terdiri dari 6 kelas. Dari populasi tersebut, dimbil sampel sebanyak 29 siswa dengan teknik simple random sampling. Untuk menguji pengaruh langsung maupun tidak langusng, menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t dengan menggunakan taraf signifikan (α=5 %) diperoleh t-hitung (=2,575) > t-tabel (= 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat: pengaruh langsung adversity intelligence terhadap kemampuan praktik siswa. Kemudian, untuk pembelajaran berdiferensiasi guru dan adversity intelligence diperoleh t-hitung (=66,227) > t-tabel (= 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat: pengaruh langsung pembelajaran berdiferensiasi guru terhadap adversity intelligence. Selanjutnya, untuk pembelajaran berdiferensiasi guru dan pembelajaran tutor sebaya diperoleh t-hitung (= 25,555) > t-tabel (= 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat: pengaruh langsung pembelajaran berdiferensiasi guru terhadap pembelajaran tutor sebaya. Sementara, untuk menguji pengaruh tidak langusng antar variabel, diperoleh t-hitung (= 2, 558) > t-tabel (= 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat: pengaruh tidak langsung pembelajaran berdiferensiasi guru terhadap kemampuan praktik siswa melalui adversity intelligence. Berdasarkan hasil uji-t di atas, menunjukkan pentingnya pembelajaran berdiferensiasi guru untuk meningkatkan kemampuan praktik siswa sesuai dengan kebutuhan siswa dan disesuaikan dengan adversity intelligence atau ketahanmalangan siswa sehingga potensi siswa dapat meningkat sesuai dengan tahapannya.
Item Type: | Thesis (Doktoral) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh langsung dan tidak langsung pembelajaran berdiferensiasi guru, adversity intelligence, pembelajaran tutor sebaya terhadap kemampuan praktik siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode eksperimen dengan dua variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini, siswa jurusan teknik instalasi tenaga listrik SMKN 1 Kramatwatu berjumlah 175 yang terdiri dari 6 kelas. Dari populasi tersebut, dimbil sampel sebanyak 29 siswa dengan teknik simple random sampling. Untuk menguji pengaruh langsung maupun tidak langusng, menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t dengan menggunakan taraf signifikan (α=5 %) diperoleh t-hitung (=2,575) > t-tabel (= 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat: pengaruh langsung adversity intelligence terhadap kemampuan praktik siswa. Kemudian, untuk pembelajaran berdiferensiasi guru dan adversity intelligence diperoleh t-hitung (=66,227) > t-tabel (= 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat: pengaruh langsung pembelajaran berdiferensiasi guru terhadap adversity intelligence. Selanjutnya, untuk pembelajaran berdiferensiasi guru dan pembelajaran tutor sebaya diperoleh t-hitung (= 25,555) > t-tabel (= 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat: pengaruh langsung pembelajaran berdiferensiasi guru terhadap pembelajaran tutor sebaya. Sementara, untuk menguji pengaruh tidak langusng antar variabel, diperoleh t-hitung (= 2, 558) > t-tabel (= 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat: pengaruh tidak langsung pembelajaran berdiferensiasi guru terhadap kemampuan praktik siswa melalui adversity intelligence. Berdasarkan hasil uji-t di atas, menunjukkan pentingnya pembelajaran berdiferensiasi guru untuk meningkatkan kemampuan praktik siswa sesuai dengan kebutuhan siswa dan disesuaikan dengan adversity intelligence atau ketahanmalangan siswa sehingga potensi siswa dapat meningkat sesuai dengan tahapannya. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran berdiferensiasi guru, pembelajaran tutor sebaya. adversity intelligence dan kemampuan praktik siswa | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
|||||||||
Divisions: | 08-Pascasarjana > 7782-PENDIDIKAN (S3) 08-Pascasarjana |
|||||||||
Depositing User: | Mr Nur Hidayat | |||||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2025 03:08 | |||||||||
Last Modified: | 12 Apr 2025 02:44 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/44214 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |