Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Guru terhadap Kemampuan Praktik Siswa melalui Adversity Intelligence dan Pembelajaran Tutor sebaya di SMKN 1 Kramatwatu

Hidayat, Nur (2024) Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Guru terhadap Kemampuan Praktik Siswa melalui Adversity Intelligence dan Pembelajaran Tutor sebaya di SMKN 1 Kramatwatu. Doktoral thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Disertasi Nur Hidayat 7782210003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
[img] Text
Disertasi Nur Hidayat 7782210003_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Disertasi Nur Hidayat 7782210003_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
Disertasi Nur Hidayat 7782210003_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text
Disertasi Nur Hidayat 7782210003_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Disertasi Nur Hidayat 7782210003_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text
Disertasi Nur Hidayat 7782210003_Reff.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
Disertasi Nur Hidayat 7782210003_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh langsung dan tidak langsung pembelajaran berdiferensiasi guru, adversity intelligence, pembelajaran tutor sebaya terhadap kemampuan praktik siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode eksperimen dengan dua variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini, siswa jurusan teknik instalasi tenaga listrik SMKN 1 Kramatwatu berjumlah 175 yang terdiri dari 6 kelas. Dari populasi tersebut, dimbil sampel sebanyak 29 siswa dengan teknik simple random sampling. Untuk menguji pengaruh langsung maupun tidak langusng, menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t dengan menggunakan taraf signifikan (α=5 %) diperoleh t-hitung (=2,575) > t-tabel (= 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat: pengaruh langsung adversity intelligence terhadap kemampuan praktik siswa. Kemudian, untuk pembelajaran berdiferensiasi guru dan adversity intelligence diperoleh t-hitung (=66,227) > t-tabel (= 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat: pengaruh langsung pembelajaran berdiferensiasi guru terhadap adversity intelligence. Selanjutnya, untuk pembelajaran berdiferensiasi guru dan pembelajaran tutor sebaya diperoleh t-hitung (= 25,555) > t-tabel (= 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat: pengaruh langsung pembelajaran berdiferensiasi guru terhadap pembelajaran tutor sebaya. Sementara, untuk menguji pengaruh tidak langusng antar variabel, diperoleh t-hitung (= 2, 558) > t-tabel (= 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat: pengaruh tidak langsung pembelajaran berdiferensiasi guru terhadap kemampuan praktik siswa melalui adversity intelligence. Berdasarkan hasil uji-t di atas, menunjukkan pentingnya pembelajaran berdiferensiasi guru untuk meningkatkan kemampuan praktik siswa sesuai dengan kebutuhan siswa dan disesuaikan dengan adversity intelligence atau ketahanmalangan siswa sehingga potensi siswa dapat meningkat sesuai dengan tahapannya.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRuhiat, Yayat19640811 199903 1 001
Thesis advisorAnriani, Nurul19820119 200604 2 003
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh langsung dan tidak langsung pembelajaran berdiferensiasi guru, adversity intelligence, pembelajaran tutor sebaya terhadap kemampuan praktik siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode eksperimen dengan dua variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini, siswa jurusan teknik instalasi tenaga listrik SMKN 1 Kramatwatu berjumlah 175 yang terdiri dari 6 kelas. Dari populasi tersebut, dimbil sampel sebanyak 29 siswa dengan teknik simple random sampling. Untuk menguji pengaruh langsung maupun tidak langusng, menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t dengan menggunakan taraf signifikan (α=5 %) diperoleh t-hitung (=2,575) > t-tabel (= 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat: pengaruh langsung adversity intelligence terhadap kemampuan praktik siswa. Kemudian, untuk pembelajaran berdiferensiasi guru dan adversity intelligence diperoleh t-hitung (=66,227) > t-tabel (= 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat: pengaruh langsung pembelajaran berdiferensiasi guru terhadap adversity intelligence. Selanjutnya, untuk pembelajaran berdiferensiasi guru dan pembelajaran tutor sebaya diperoleh t-hitung (= 25,555) > t-tabel (= 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat: pengaruh langsung pembelajaran berdiferensiasi guru terhadap pembelajaran tutor sebaya. Sementara, untuk menguji pengaruh tidak langusng antar variabel, diperoleh t-hitung (= 2, 558) > t-tabel (= 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat: pengaruh tidak langsung pembelajaran berdiferensiasi guru terhadap kemampuan praktik siswa melalui adversity intelligence. Berdasarkan hasil uji-t di atas, menunjukkan pentingnya pembelajaran berdiferensiasi guru untuk meningkatkan kemampuan praktik siswa sesuai dengan kebutuhan siswa dan disesuaikan dengan adversity intelligence atau ketahanmalangan siswa sehingga potensi siswa dapat meningkat sesuai dengan tahapannya.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berdiferensiasi guru, pembelajaran tutor sebaya. adversity intelligence dan kemampuan praktik siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: 08-Pascasarjana > 7782-PENDIDIKAN (S3)
08-Pascasarjana
Depositing User: Mr Nur Hidayat
Date Deposited: 13 Mar 2025 03:08
Last Modified: 12 Apr 2025 02:44
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/44214

Actions (login required)

View Item View Item