Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN SIMULASI PHET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP ENERGI MEKANIK

EVIE SETIA ASIH, ELIN (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN SIMULASI PHET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP ENERGI MEKANIK. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN SIMULASI PHET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP ENERGI MEKANIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

This research is aimed to know the difference of increasing the result learning problem solving learning models using PhET simulations and those without using PhET simulations on the concept of mechanical energy. This research had been done in academic years 2018/2019 in class X MIA. The method of this research is quasi experiment by nonequivalent control group design, and the technique of taking sample is cluster random sampling. Data was collected using a written test of 30 multiple choice questions about the pretest and posttest. The pretest value shows the amount of tcount is -0.6. The tcount value was compared with the ttable at the 0,05 significance level of 2,0147. It can be seen that the pretest value is smaller than the ttable value. And the posttest value shows the magnitude of tcount is 2,884. The tcount value was compared with the ttable at the 0,05 level of significance obtained by ttable of 2,0147. The average n-gain results in the control class are 0,5 or in the medium category and the average n-gain results in the experimental class are 0,7 in the high category. Thus it can be concluded that there are differences in the improvement of learning outcomes between students who use a problem solving model with Phet simulation and who only use problem solving models without PhET simulation.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuherman, AndriUNSPECIFIED
Thesis advisorRahmi Darman, DinaUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar model pembelajaran problem solving dengan menggunakan simulasi PhET dan yang tanpa menggunakan simulasi PhET pada konsep energi mekanik. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2018/2019 pada kelas X MIA. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 30 soal pretest dan posttest. Nilai pretest menunjukan besarnya thitung adalah -0,6. Nilai thitung tersebut dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 yaitu 2,0147. Terlihat bahwa nilai pretest lebih kecil dari nilai ttabel. Dan nilai posttest menunjukan besarnya thitung adalah 2,884. Nilai thitung tersebut dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 didapat ttabel sebesar 2,0147. Hasil n-gain rata-rata pada kelas kontrol sebesar 0,5 atau dalam kategori sedang dan hasil n-gain rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 0,7 dalam kategori yang tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan model problem solving dengan simulasi Phet dan yang hanya menggunakan model problem solving tanpa simulasi PhET.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203-Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 04 Nov 2021 15:43
Last Modified: 04 Nov 2021 15:43
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4406

Actions (login required)

View Item View Item