Marhumah, Umah (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN CIRUAS 2. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN CIRUAS 2.pdf Download (10MB) |
Abstract
The research aims to find out the Application of Problem Posing Learning Model on Student Critical Thinking on Social Sciences Subject Class V In Ciruas State Elementary School 2. In this study used quasi experimental method with non equivalent control group design research design. There are two classes in the experiment and control group. The experimental group in grade V A students consisted of 30 students who were given treatment using Problem Posing Learning model of learning and control class on the students of class V B consisted of 30 students who were given conventional learning. Data collection is done by test with test instrument in the form of stuffing / essay. The data collected were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. Inferential statistical analysis using a one-party test is a right-hand test. Based on the data analysis, there is an improvement of students' critical thinking ability after getting Prolem Posing model on IPS subject with nitai titung of 2.07 and tcable of 1.671 at significance level of 5%, which means tcount> ttable or 2.07> 1.671, it is said that the critical thinking ability of students who get problem posing model is better than students who get the conventional model.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN Ciruas 2. Pada penelitian ini digunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Ada dua kelas dalam penelitian yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen pada siswa kelas V A terdiri dari 30 siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Posing Learning dan kelas kontrol pada siswa kelas V B terdiri dari 30 siswa yang diberikan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan secara tes dengan instrument tes berbentuk isian/essay. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Analisis statistik inferensial menggunakan uji-t satu pihak yaitu uji pihak kanan. Berdasarkan hasil analisis data terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah mendapat model Prolem Posing pada mata pelajaran IPS dengan nitai thitung sebesar 2,07 dan ttabel sebesar 1,671 pada taraf signifikansi 5%, yang berarti thitung > ttabel atau 2,07 > 1,671, sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapatkan model problem posing lebih baik dari siswa yang mendapatkan model konvensional. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 04 Nov 2021 15:32 | |||||||||
Last Modified: | 04 Nov 2021 15:32 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4405 |
Actions (login required)
View Item |