Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRCUIT LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN KEWUNEN

Handiani, Rizka (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRCUIT LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN KEWUNEN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPECIRCUIT LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN KEWUNEN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

The research is intended to know the ability of students’ creative thinking in IPS (Social Science) subject learning that applied Circuit Learning model is better than the direct learning model. The research method used is quasi experimental with non-equivalent control group research design. Sampling was done by using Purposive Sampling technique. The selected sample is class V-A experimental class that get Circuit Leaning Model as the treatment and class V-B student as the control group that get a direct learning model as the treatment. Based on the posttest’s data analysis, shows that the average creative thinking ability of the experimental class is 76,53, while the control class is 60,17. Can be seen from the test results of two parties, tcount ≥ ttable or 3,73 ≥ 2,03 which means H0 rejected Ha accepted. And students' creative thinking ability among students using cooperative model of Circuit Learning type is better than those who use direct learning. This is evidenced from the results of calculations using t-test normal and homogeneous data for right-side test that is equal to tcount ≥ ttable or 3,73 ≥ 1,67 which means H0 rejected Ha accepted. Based on the results of research that can be concluded that the application of Cooperative Model Circuit Learning type to the ability of creative thinking is better than using Direct Model Learning on Social Science subjects.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDAMANHURI, DAMANHURIUNSPECIFIED
Thesis advisorTaufik, TaufikUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran IPS yang menerapkan model pembelajaran Circuit Learning lebih baik dari pada siswa yang menerapkan model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas V-A menjadi kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa penerapan model pembelajaran Circuit Learning dan siswa kelas V-B menjadi kelas kontrol yang mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran langsung. Berdasarkan pengolahan data post-test, menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen sebesar 76,53, sedangkan kelas kontrol sebesar 60,17. Dapat dilihat dari hasil uji dua pihak, hasil thitung ≥ ttabel atau 3,73 2,03 yang berarti H0 ditolak Ha diterima. Dan kemampuan berpikir kreatif siswa antara siswa yang menggunakan model kooperatif tipe Circuit Learning lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t data normal dan homogen untuk uji pihak kanan yaitu sebesar thitung ≥ ttabel atau 3,73 1,67 yang berarti H0 ditolak Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Kooperatif tipe Circuit Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif lebih baik dari pada menggunakan Model Pembelajaran Langsung pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 04 Nov 2021 14:55
Last Modified: 04 Nov 2021 14:55
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4403

Actions (login required)

View Item View Item