Galih Prasetya, Ningtyas (2024) RANCANG BANGUN KENDARAAN MOTOR LISTRIK EVITA (ELECTRIC VEHICLE TIRTAYASA) MENGGUNAKAN BLDC TIPE HUB 2000 W. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text (FullText)
GalihPrasetyaNingtyas_3332170062_FullText.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 1)
GalihPrasetyaNingtyas_3332170062_01.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 2)
GalihPrasetyaNingstyas_3332170062_02.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
GalihPrasetyaNingstyas_3332170062_03.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
GalihPrasetyaNingstyas_3332170062_04.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
GalihPrasetyaNingstyas_3332170062_05.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Referensi)
GalihPrasetyaNingstyas_3332170062_Ref.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
GalihPrasetyaNingstyas_3332170062_Lamp.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
|
Text (Plagiarisme)
GalihPrasetyaNingtyas_3332170062_CP.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengembangkan dan menguji motor listrik menggunakan motor Brushless Direct Current (BLDC) tipe HUB 2000W sebagai bagian dari solusi ramah lingkungan untuk mendukung target Indonesia dalam menurunkan emisi sebesar 29% pada tahun 2030. Pengujian mencakup pengukuran kecepatan motor, daya baterai, serta beban pada converter DC dan controller, dengan perangkat lunak LD-EM-V3 yang memberikan kendali komprehensif atas parameter motor seperti tegangan, arus, mode sport, dan rem elektrik untuk mengoptimalkan performa dan keamanan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa arus listrik secara signifikan mempengaruhi daya yang dihasilkan, menekankan pentingnya pengelolaan arus yang efisien dan stabil. Penambahan beban mengurangi kecepatan motor hingga 90,3%, dan kecepatan maksimum 173 km/jam dinilai terlalu tinggi untuk lingkungan kampus, sehingga perlu penyesuaian. Tegangan baterai stabil pada kisaran 63,5–64,0 V, namun kapasitas baterai harus diperhatikan untuk mendukung jarak tempuh yang memadai.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Motor BLDC, Kendaraan Listrik, Efisiensi Energi, Pengurangan Emisi, 2000W. | |||||||||
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering | |||||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik > 20201-Jurusan Teknik Elektro | |||||||||
Depositing User: | ST Galih Prasetya Ningtyas Prasetya | |||||||||
Date Deposited: | 19 Nov 2024 15:23 | |||||||||
Last Modified: | 19 Nov 2024 15:23 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/43932 |
Actions (login required)
View Item |