Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS BEBAN MENTAL PADA PENGENDARA MOBIL KARENA PENGGUNAAN PETA ELEKTRONIK DARI HANDPHONE (Studi Kasus : Jalan Arteri Kota Serang)

MILLAH, SYIHABUL (2018) ANALISIS BEBAN MENTAL PADA PENGENDARA MOBIL KARENA PENGGUNAAN PETA ELEKTRONIK DARI HANDPHONE (Studi Kasus : Jalan Arteri Kota Serang). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
FULL SKRIPSI SYIHAB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK indo eng.pdf

Download (19kB)

Abstract

Perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi berupa handphone telah membawa manfaat bagi aktivitas manusia sehari-hari, seperti penggunaan peta elektronik dalam mengemudi. Namun, penggunaan aplikasi penunjuk arah berupa peta elektronik tentunya akan menjadi tugas tambahan yang dapat mengakibatkan adanya beban kerja mental pada pengendara dalam melakukan aktivitas mengemudi. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi human error dan mengukur beban mental pada pengendara mobil ketika melakukan aktivitas mengemudi menggunakan peta elektronik dan aktivitas mengemudi tidak menggunakan peta elektronik. Metode penelitian ini menggunakan metode SHERPA, Reaction Time, dan DALI dengan studi kasus di Jalan Arteri Kota Serang. Hasil penelitian diperoleh terdapat aktivitas bahaya pada pengemudi saat melihat peta elektronik pada konidisi mengemudi dengan nilai critically High yang dapat mengakibatkan laju kendaraan menghambat kendaraan orang lain, tidak sampai ke tujuan dengan tepat, dan menabrak kendaraan lain. Selanjutnya hasil nilai waktu respon pengemudi saat aktivitas menggunakan peta elektronik memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan pengemudi saat tidak menggunakan peta elektronik, artinya waktu respon pengemudi menggunakan peta elektronik lebih lama dengan nilai rata-rata 24.820 detik usia remaja, dan nilai rata-rata 22.657 detik usia dewasa. Kemudian beban mental tertinggi saat pengemudi menggunakan peta elektronik pada usia remaja yaitu pada indikator interference dengan nilai rata-rata 4.13, sedangkan pada usia dewasa yaitu pada indikator visual demand dengan nilai rata-rata 3.33. Kemudian beban mental tertinggi saat pegemudi tidak menggunakan peta elektronik pada usia remaja yaitu pada indikator global attention demand dengan nilai rata-rata 2.33, dan usia dewasa dengan nilai rata-rata 1.53.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorLady, LovelyUNSPECIFIED
Thesis advisorTrenggonowati, Dyah LintangUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Beban Mental, DALI, Reaction Time, SHERPA, HTA
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Nov 2024 08:40
Last Modified: 18 Nov 2024 08:40
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/43870

Actions (login required)

View Item View Item