Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERBEDAAN PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAKEM DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPA KONSEP PERISTIWA ALAM Suatu Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa kelas V SDN Kramatwatu 1 Tahun Ajaran 2015/2016)

Yulina Putri, Ika (2016) PERBEDAAN PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAKEM DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPA KONSEP PERISTIWA ALAM Suatu Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa kelas V SDN Kramatwatu 1 Tahun Ajaran 2015/2016). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PERBEDAAN PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAKEM DENGAN PENDEK.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (27MB)

Abstract

The aim of this research was to know the difference between students’ science processskill which uses PAKEM approach and which uses contextual approach. Method used in this research was quasi- experiment by research design of nonequivalent control group. This research was conducted at SD Negeri Kramatwatu I on 23 may 2016 to 26 may 2016. Technique sampling used in this research was random sampling. On this research, class VA as the experiment class used PAKEM approach and class VC as the control class used contextual approach. Research instrument were given were 5 items of essay. Analysis data technique to test value of -2,00172 < 2,6 > 2,00172, so the Ho was rejected and Ha was accepted. From that hypothesis testing, it can be concluded that there is a significant difference between stundents science process skill which uses PAKEM approach and students science process skill which uses contextual approach. Keyword : PAKEM approach, students science process skill, and natural sciences.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyachruroji, A197908162005011006
Thesis advisorANDRIANA, ENCEP198811262014041001
Additional Information: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains siswa yang menggunakan pendekatan PAKEM dengan pendekatan Kontekstual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kramatwatu I dari tanggal 23 Mei s.d. 126 Mei 2016. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Pada penelitian ini, Kelas VA sebagai kelas eksperimen menggunakan pendekatan PAKEM dan kelas VC sebagai kelas kontrol menggunakan pendekatan kontekstual. Instrumen penelitian yang diberikan berupa 5 soal uraian. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t’. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai-2,00172 ≤ ≥2,00172, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antaraketerampilan proses sains siswa yang menggunakan pendekatan PAKEM dengan keterampilan proses sains siswa yang menggunakan pendekatan kontekstual. Kata Kunci :pendekatan PAKEM, keterampilan proses sains siswa, dan ilmu pengetahuan alam.
Uncontrolled Keywords: PAKEM approach, students science process skill, and natural sciences. pendekatan PAKEM, keterampilan proses sains siswa, dan ilmu pengetahuan alam.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Nov 2021 07:24
Last Modified: 04 Nov 2021 07:24
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4387

Actions (login required)

View Item View Item