Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN PANCUR

Sri Fuji Lestari, Fhiny (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN PANCUR. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN PANCUR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

The purpose of this study is to improve student learning outcomes in IPS learning material Indonesia Proclamation of Independence using the model of Make A Match learning on students of grade V SDN Pancur District Taktakan Serang District. The hypothesis of action in this study is to use the learning model Make A Match can improve student learning outcomes in learning IPS Class V SDN Pancur District Taktakan Serang District Lesson 2017/2018. The type of research used is the type of qualitative research. Subjects in this study are students of grade V SDN Pancur District Taktakan Serang regency which amounted to 60 students consisting of 30 students of class A and 30 students grade B. Data obtained from pretest research, posttest, documentation for Analyze the quantitative data is processed by formula Statistics. Based on the results of data analysis of research and hypothesis testing based on the results of data analysis research and Hypothesis Testing tertdapat significant difference in the IPS Subject to the results of student learning using the Make A Match learning model, with students using direct learning model. This can be seen from the calculation of two-party test analysis by showing Ho rejected Ha accepted by the acquisition of thitung = 2.132 and ttabel = 1.66757 α) = 0.05. Then compare thitung with ttable obtained 1.66757 <2.123> 1.66757 thus it can be concluded that there are differences in cognitive learning outcomes of students who use.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorTaufik, TaufikUNSPECIFIED
Thesis advisorRahman Hakim, ZerriUNSPECIFIED
Additional Information: Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia menggunakan model pembelajaran Make A Match pada siswa kelas V SDN Pancur Kecamatan Taktakan Kabupaten Serang. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar Siswa pada pembelajaran IPS Kelas V SDN Pancur Kecamatan Taktakan Kabupaten Serang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pancur Kecamatan Taktakan Kabupaten Serang yang berjumlah 60 siswa terdiri 30 siswa kelas A dan 30 siswa kelas B. Data hasil penelitian diperoleh dari pretest, posttest, dokumentasi untuk Analasis data kuantitatif tersebut diolah diolah dengan rumus-rumus Statistika. Berdasarkan hasil analalisis data penelitian dan pengujian hipotesis berdasarkan hasil analisis data penelitian dan Pengujian Hipotesis tertdapat perbedaan yang signifikan pada Mata Pelajaran IPS terhadapa hasil belajar siswa menggunakan Model pembelajaran Make A Match, dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan analisis uji dua pihak dengan menunjukan Ho ditolak Ha diterima yaitu dengan perolehan thitung = 2,1326 dan ttabel =2,002 α) = 0,05. Kemudian membandingkan thitung dengan ttabel diperoleh -2.002 < 213,26 > 2,002 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan hasil belajar sisa yang menggunkan model pembelajaran langsung.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 04 Nov 2021 04:34
Last Modified: 04 Nov 2021 04:34
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4374

Actions (login required)

View Item View Item