Irawan, Afeef (2024) Pengaruh Penggguaan Turbulator Membran Terhadap Karakteristik Fluida Pada Airfoil NACA S1046. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
![]() |
Text (Fulltext)
Muhammad Afeef Febry Irawan_3331200077_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 1)
Muhammad Afeef Febry Irawan_3331200077_01.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 2)
Muhammad Afeef Febry Irawan_3331200077_02.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 3)
Muhammad Afeef Febry Irawan_3331200077_03.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 4)
Muhammad Afeef Febry Irawan_3331200077_04.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 5)
Muhammad Afeef Febry Irawan_3331200077_05.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Referensi)
Muhammad Afeef Febry Irawan_3331200077_Ref.pdf Download (899kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Muhammad Afeef Febry Irawan_3331200077_Lamp.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Cek Plagiasi)
Muhammad Afeef Febry Irawan_3331200077_CP.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Dibidang aerodinamika, terdapat beberapa alat yang mengalami kasus kehilangan energi atau energi yang dipakai tidak efisien. Salah satu alat yang mengalami kehilangan energi yaitu turbin angin dimana terjadi separasi aliran pada boundary layer pemukaan atas bilah turbin. Fenomena separasi aliran ini bisa menyebabkan kerugian energi yang dialami oleh turbin, karena dalam menggerakkan turbin angin butuh energi yang efisien agar menghasilkan energi listrik yang lebih maksimal. Pada penelitian ini, metode yang dipakai adalah metode eksperimen atau pengujian dengan melihat hasil secara nyata dengan menggunakan media wind tunnel atau biasa disebut dengan terowongan angin yang ada pada Laboratorium REBT. Pada Airfoil NACA S1046 yang digunakan ditambahkan turbulator membran dengan model speaker, penempatan turbulator dilakukan pada 25%C hingga 48%C, terdapat beberapa variable yang digunakan seperti kecepatan angin 1 hingga 3 m/s, sudut serang 1º hingga 8º, 3 jenis gelombang (Sine, Square, Triangle), dan 3 jenis frekuensi (10,100,1000 Hz). Dari hasil penelitian yang didapat bahwa turbulator membran ini dapat menunda fenomena separasi aliran pada kecepatan rendah yaitu 1 m/s, selain itu dilihat dari grafik bahwa nilai Cl/Cd pada kondisi turbulator hidup lebih tinggi dibanding kondisi turbulator mati.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Aerodinamika, Airfoil, Separasi aliran, Turbulator. | |||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TS Manufactures |
|||||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin | |||||||||
Depositing User: | Afeef Irawan | |||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2024 08:44 | |||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 08:44 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/43638 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |