Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA (Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas V SDN Curug 1 Kec. Curug Kab. Tangerang)

Elfira, Kurnia (2016) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA (Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas V SDN Curug 1 Kec. Curug Kab. Tangerang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG .PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

This research aimed to find out and analyzing difference of the understanding of the science concept students in the class 5 SDN Curug 1 on with children learning in science model and direct instruction of learning academic year 2015/2016. The method used was quasi-experimental research design nonequivalent control group design. The sampling technique used is purposive sampling to select two classes. In this study, class VA as the experiment class make use of learning with children learning in science model and VB as the control class using direct instruction model. Research result obtained from test inferential toward the hypothesis. Based on data processing pretes obtained average value of a class of experiments = 57 and class control = 56. The result of the test different value penultimate class in standard significant = 0,05 obtained t hitung = 0,2881 and t tabel = 1,67155. Then, the result is no there difference understanding science concept between experiment class and control class. After learning, penultimate class given postes. Based on data processing postes obtained average value of a class of experiments = 72 and class control = 63. The result of the test different value penultimate class in standard significant = 0,05 obtained t hitung = 0,4184 dan t tabel = 1,67155. Than the result of the test the right penultimate class t hitung = 0,4184 and t tabel = 1,67155. So that can be concludid that no there Significant difference toward understanding of science concept students that using children learning in science model and students that using direct instruction model. th Keywords: children learning in science model and the understanding of science concept.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSYARBINI, ASNAWI195207261981031002
Thesis advisorSOETRISNA, DENNY195907281985111001
Additional Information: enelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dan model pembelajaran langsung terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik kelas V SDN Curug 1 tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan ialah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Pada penelitian ini, kelas VA sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran CLIS dan kelas VB sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Hasil penelitian diperoleh dari uji inferensial terhadap hipotesis. Berdasarkan pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kelas ekperimen = 57 dan kelas kontrol = 56. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan = 0,05 diperoleh t hitung = 0,2881 dan t tabel = 1,67155. Maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep peserta didik di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol. Setelah pembelajaran, kedua kelas diberikan postes. Berdasarkan pengolahan data postes diperoleh rata-rata nilai eksperimen = 72 dan kelas kontrol = 63. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan = 0,05 diperoleh t hitung = 0,4184 dan t tabel = 1,67155. Peneliti juga melakukan uji pihak kanan diperoleh t hitung = 0,4184 dan t tabel = 1,67155. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep peserta didik yang menggunakan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung. Kata kunci: model pembelajaran CLIS dan pemahaman konsep IPA.
Uncontrolled Keywords: children learning in science model and the understanding of science concept. model pembelajaran CLIS dan pemahaman konsep IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Nov 2021 03:33
Last Modified: 04 Nov 2021 03:33
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4362

Actions (login required)

View Item View Item