Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERBEDAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE CONCEPT SENTENCE DENGAN MODEL LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION )TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SDN KARANG TUMARITIS (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Karang Tumaritis )

PAGE, FIFI (2016) PERBEDAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE CONCEPT SENTENCE DENGAN MODEL LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION )TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SDN KARANG TUMARITIS (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Karang Tumaritis ). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PERBEDAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPECONCEPT SENTENCE DENGAN MODEL LANGSUNG(DIRECT INSTRUCTIO.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

This study aims to determine differences in student learning outcomes using models Cooperative Learning Concept Type Sentence some students are using direct learning model (Direct Instruction). This type of research is in the form of a quasi-experimental nonequivalent control group design. Sampling was conducted dengaan using purposive sampling technique. The sample selected is a class as an experimental class IVA and IVB class as a class controls treated using direct learning model. Berdasarkanpengolahan pretest data is obtained by the average value of student learning outcomes IPS experimental class of 46.8 while the control class is 46.9. From the results of different test average value of the class at significant level = 0:05 obtained = 0,01dan = 1.995. So we can conclude that the results of social studies before treatment is given there is no difference. After learning, the second class are given the posttest. Based on the obtained data processing and post-test average results of social studies class students experiment at 74.0 while the control class is 64.5. Of the different test results mean. Based on the results of this study concluded that the results of social studies students use learning model learning Cooperatvite Concept Sentence types there are significant differences and better than students who use direct instructional model (Direct Instruction). Keywords: Cooperative Learning type Sentence Concept, a model directly (Direct Instruction), the result of studying the social sciences.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSUPARNO, SUPARNO195510281979031001
Thesis advisorNURHASANAH, ANA1974101882006042009
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Cooperative Learning Tipe Concept Sentence terdapat siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen yang berbentuk nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengaan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Berdasarkanpengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen sebesar 46,8 sedangkan kelas kontrol sebesar 46,9. Dari hasil uji beda rerata nilai kelas pada taraf signifikan=0.05 diperoleh = 0,01dan = 1,995. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS sebelum diberikan perlakuan adalah tidak terdapat perbedaan. Setelah pembelajaran, kedua kelas diberikan postes. Berdasarkan pengolahan data dan postes diperoleh rata-rata hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen sebesar 74,0 sedangkan kelas kontrol sebesar 64,5. Dari hasil uji beda rerata. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperatvite learning tipe Concept Sentence terdapat perbedaan yang signifikan dan lebih baik dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Kata Kunci : Cooperative Learning tipe Concept Sentence, model langsung (Direct Instruction ), hasil pelajari ilmu pengetahuan sosial.
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning type Sentence Concept, a model directly (Direct Instruction), the result of studying the social sciences. Cooperative Learning tipe Concept Sentence, model langsung (Direct Instruction ), hasil pelajari ilmu pengetahuan sosial.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Nov 2021 02:58
Last Modified: 04 Nov 2021 02:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4361

Actions (login required)

View Item View Item