Mutawalia, Lia (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA ANTARA MODEL CIRCUIT LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kresek 2). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA ANTARA MODEL CIRCUIT LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (2).pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
This research is motivated by the learning Sciences unpleasant nature sehigga fourth grade student learning outcomes is low.This study aims to determine differences in student learning outcomes , which is higher than the results of student learning using a circuit model learning by students using direct learning model .This research was conducted in SD Negeri Kresek 2 of the school year 2015/2016. This research method is a quasi-experimental. The sampling technique used was purposive sampling to select an experimental class and control class. In this study, the fiftth grade as an experimental class IV A and class IV B as the control class. Based on the results of this study concluded that there are differences in cognitive learning outcomes of students who use the circuit learning model with that using the method of lecture proved in tests two parties with the t count > t table or 4,43 > 2.0010 then H 0 rejected H a accepted. And the results of student learning using the direct learning model higher than students who use the method of lecture in the test right with t count > t table is 4,43 > 1.671 then H 0 is rejected and H a accepted. Kata kunci: Circuit Learning model, Direct Learning Model, the cognitive learning, properties of the light
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Ilmu Pengetahuan alam yang kurang menyenangkan sehigga hasil belajar siswa kelas IV rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa, yang mana lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan model circuit learning dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kresek 2 tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian ini ialah kuasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling untuk memilih kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada penelitian ini, kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan circuit learning dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hal ini dibuktikan pada uji dua pihak dengan thitung > ttabel yaitu 4,43 > 2,0010 maka H0 ditolak Ha diterima. Serta hasil belajar siswa yang menggunakan model circuit learning lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hal ini dibuktikan pada uji pihak kanan dengan thitung > ttabel yaitu 4,43 > 1,671 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: Model Circuit Learning, model pembelajaran langsung, hasil belajar kognitif, Ilmu Pengetahuan Alam. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Circuit Learning model, Direct Learning Model, the cognitive learning, properties of the light Model Circuit Learning, model pembelajaran langsung, hasil belajar kognitif, Ilmu Pengetahuan Alam. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 04 Nov 2021 02:35 | |||||||||
Last Modified: | 04 Nov 2021 02:35 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4358 |
Actions (login required)
View Item |