Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS PENGGUNAAN DEIKSIS DI DALAM TEKS DRAMA SYMPHONI ANAK JALANAN KARYA IGN ARYA SANJAYA DAN MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA DI SMP KELAS VIII

Arifiyanti, Melati (2017) ANALISIS PENGGUNAAN DEIKSIS DI DALAM TEKS DRAMA SYMPHONI ANAK JALANAN KARYA IGN ARYA SANJAYA DAN MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA DI SMP KELAS VIII. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
ANALISIS PENGGUNAAN DEIKSIS DI DALAM TEKS DRAMA SYMPHONI ANAK JALANAN KARYA IGN ARYA SANJAYA DAN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji penggunaan deiksis dalam tuturan teks drama Symphoni Anak Jalanan karya IGN Arya Sanjaya. Teks drama berkaitan dengan dialog. Melalui dialog tersebut penutur dapat menyampaikan suatu informasi kepada mitra tuturnya sebagai alat komunikasi. Untuk mengetahui makna dan tujuan dari tuturan dalam dialog naskah tersebut, maka dapat dilakukan dengan cara mengidentifikasi setiap tuturan dengan menggunakan teori yang dikemukakan oleh para ahli deiksis, salah satunya yaitu teori deiksis yang diklasifikasikan oleh Purwo. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bentuk penggunaan deiksis di dalam tuturan teks drama Symphoni Anak Jalanan karya IGN Arya Sanjaya, (2) Menyusun usulan model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di kelas VIII SMP dengan memanfaatkan hasil analisis dan temuan penelitian dari teks drama Symphoni Anak Jalanan karya IGN Arya Sanjaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka, teknik simak dan teknik catat. Data dalam penelitian ini adalah tuturan yang termasuk kedalam deiksis persona, deiksis tempat, dan deiksis waktu yang ditemukan dalam teks drama Symphoni Anak Jalanan karya IGN Arya Sanjaya. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, tuturan dalam teks drama Symphoni Anak Jalanan yang termasuk dalam penggunaan deiksis ditemukan sebanyak 90 buah data, yakni (1) deiksis pronomina persona pertama tunggal sebanyak 21 buah, (2) deiksis pronomina persona pertama jamak sebanyak 19 buah (3) deiksis pronomina persona kedua tunggal sebanyak 13 buah, (4) deiksis pronomina persona kedua jamak sebanyak 7 buah, (5) deiksis pronomina persona ketiga tunggal sebanyak 9 buah, (6) deiksis pronomina persona ketiga jamak sebanyak 6 buah, (7) deiksis tempat sebanyak 3 buah, dan (8) deiksis waktu sebanyak 12 buah.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorErwin Juansah, DaseUNSPECIFIED
Thesis advisorIbnu Wahid, FaridUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini mengkaji penggunaan deiksis dalam tuturan teks drama Symphoni Anak Jalanan karya IGN Arya Sanjaya. Teks drama berkaitan dengan dialog. Melalui dialog tersebut penutur dapat menyampaikan suatu informasi kepada mitra tuturnya sebagai alat komunikasi. Untuk mengetahui makna dan tujuan dari tuturan dalam dialog naskah tersebut, maka dapat dilakukan dengan cara mengidentifikasi setiap tuturan dengan menggunakan teori yang dikemukakan oleh para ahli deiksis, salah satunya yaitu teori deiksis yang diklasifikasikan oleh Purwo. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bentuk penggunaan deiksis di dalam tuturan teks drama Symphoni Anak Jalanan karya IGN Arya Sanjaya, (2) Menyusun usulan model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di kelas VIII SMP dengan memanfaatkan hasil analisis dan temuan penelitian dari teks drama Symphoni Anak Jalanan karya IGN Arya Sanjaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka, teknik simak dan teknik catat. Data dalam penelitian ini adalah tuturan yang termasuk kedalam deiksis persona, deiksis tempat, dan deiksis waktu yang ditemukan dalam teks drama Symphoni Anak Jalanan karya IGN Arya Sanjaya. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, tuturan dalam teks drama Symphoni Anak Jalanan yang termasuk dalam penggunaan deiksis ditemukan sebanyak 90 buah data, yakni (1) deiksis pronomina persona pertama tunggal sebanyak 21 buah, (2) deiksis pronomina persona pertama jamak sebanyak 19 buah (3) deiksis pronomina persona kedua tunggal sebanyak 13 buah, (4) deiksis pronomina persona kedua jamak sebanyak 7 buah, (5) deiksis pronomina persona ketiga tunggal sebanyak 9 buah, (6) deiksis pronomina persona ketiga jamak sebanyak 6 buah, (7) deiksis tempat sebanyak 3 buah, dan (8) deiksis waktu sebanyak 12 buah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 04 Nov 2021 01:33
Last Modified: 04 Nov 2021 01:33
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4351

Actions (login required)

View Item View Item