Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN

SUNAYAH, ENCUN (2018) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V.pdf

Download (13MB)

Abstract

The purpose of this study to determine differences in student learning outcomes that apply cooperative model type guess words with students who apply Direct Learning model. The method used in this research is experimental method with quasi experimental design.This research was conducted at Ranjeng State Elementary School starting from January to February 2018. Sampling technique in this research using purposive sampling. In this study the class V-A as an experimental class using the Word Guess Group Co-operative model and V-B class as the control class using Direct Learning model. The research instrument is given in the form of 20 items of multiple choice questions. Data analysis techniques to test the hypothesis in this study using a two-party test and one party (right side). From the results of two-party test calculations obtained t_hitung = 7.01 is outside the -0.086 interval < t_count < 0.086, then H0 is rejected, and Ha accepted. So it can be said that there are differences in student learning outcomes that apply cooperative model of Type Guess Word with students who apply Direct Learning model. Result of calculation of one party test (right side) obtained t_hitung bigger than t_table that is 7.01> 0,086 Ha accepted and H0 rejected. So it can be concluded that the learning outcomes of students who apply the model Cooperative Type Guess Word is better than the students who apply Direct Learning model.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJamaludin, UjangUNSPECIFIED
Thesis advisorTaufik, TaufikUNSPECIFIED
Additional Information: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan model Kooperatif tipe tebak kata dengan siswa yang menerapkan model Pembelajaran Langsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain kuasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Ranjeng mulai dari bulan Januari-Febuari 2018. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Pada penelitian ini kelas V-A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Kooperatif Tipe Tebak Kata dan kelas V-B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model Pembelajaran Langsung. Instrumen penelitian yang diberikan berupa 20 butir soal pilihan ganda. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t dua pihak dan satu pihak (pihak kanan). Dari hasil perhitungan uji dua pihak diperoleh thitung = 7,01 berada diluar interval-0,086 < thitung < 0,086, maka H0 ditolak, dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan model Kooperatif Tipe Tebak Kata dengan siswa yang menerapkan model Pembelajaran Langsung. Hasil perhitungan uji satu pihak (pihak kanan) diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu 7,01 > 0,086 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menerapkan model Kooperatif Tipe Tebak Kata lebih baik dari pada siswa yang menerapkan model Pembelajaran Langsung.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 03 Nov 2021 07:55
Last Modified: 03 Nov 2021 07:55
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4336

Actions (login required)

View Item View Item