Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

USULAN PERBAIKAN PELAYANAN SAMBUNGAN BARU MENGGUNAKAN METODE LEAN SERVICE (Studi Kasus : Perusahaan Daerah Air Minum Cilegon Mandiri)

ANWARI, AAN (2019) USULAN PERBAIKAN PELAYANAN SAMBUNGAN BARU MENGGUNAKAN METODE LEAN SERVICE (Studi Kasus : Perusahaan Daerah Air Minum Cilegon Mandiri). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI AAN ANWARI 3333150085.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (Abstrak)
COVER,KEASLIAN,PENGESAHAN, ABSTRAK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum Cilegon Mandiri adalah perusahaan daerah yang mempunyai konsentrasi pada bidang jasa penyediaan air bersih. PDAM Cilegon Mandiri harus tetap menjaga konsistensi pelayanan yang baik terhadap pelanggan salah satunya dalam hal kecepatan pelayanan. Seiring bertambahnya jumlah pelanggan beberapa keluhan masih sering disampaikan oleh pelanggan pada tahapan permintaan layanan sambungan baru, seperti lambatnya administrasi dan proses penyambungan pipa. Hal ini sesuai dengan rata-rata lama waktu pelayanan sambung baru sebesar 8 hari kerja dari target 6 hari kerja. Langkah perbaikan pelayanan untuk meningkatkan kinerja adalah pengaplikasian konsep Lean pada PDAM Cilegon Mandiri. Lean adalah ramping (lean) karena menyediakan suatu cara untuk melakukan hal yang lebih baik dengan menggunakan sumber daya yang sesedikit mungkin yaitu usaha manusia yang sedikit (human effort), sedikit peralatan (less equipment), sedikit waktu (less time) dan sedikit ruang (less space) dengan terus meneru. Penelitian di PDAM Cilegon Mandiri berdasarkan hasil penyebaran kuesione waste kepada empat orang pihak ahli. Hasil penilaian Process Cycle Efficiency (PCE) sebelum dilakukan usulan perbaikan 5W+1H diperoleh hasil nilai PCE current state yaitu 14,98% dan peresentase PCE setelah usulan perbaikan sebesar 25,46%. setelah dilakukannya usulan perbaikan dilakukan menurunkan waktu proses pelayanan Sambungan Baru yang semula 10242 menit menjadi 6013 menit.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMutaqin, Ade Irman SaefulUNSPECIFIED
Thesis advisorKulsum, KulsumUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lean Service, Process Cycle efficiency (PCE, Value Stream Analysis Tools (VALSAT), 5W+1H.
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Oct 2024 11:30
Last Modified: 23 Oct 2024 11:30
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/43278

Actions (login required)

View Item View Item