Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

USULAN PENINGKATAN KUALITAS PRODUK BAROS DENGAN PENDEKATAN METODE SIX SIGMA DAN FUZZY MARKETING MIX

Nurhayati, Nurhayati (2019) USULAN PENINGKATAN KUALITAS PRODUK BAROS DENGAN PENDEKATAN METODE SIX SIGMA DAN FUZZY MARKETING MIX. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI FULL EDITION (NURHAYATI 3333150009).pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (Abstrak)
SKRIPSI ABSTRAK (NURHAYATI 3333150009).pdf

Download (1MB)

Abstract

Baros adalah produk air minum dalam kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh PT Banyu Reverse Osmosis. Dari data hasil penjualan pada tahun 2018 produk AMDK galon Baros mengalami penuruan penjualan sebanyak 26.304 unit galon atau sekitar 10% dari tahun 2017. Dari permasalahan ini, maka PT Banyu Reverse Osmosis harus melakukan peningkatan kualitas pada produk AMDK galon Baros. Peningkatan kualitas produk AMDK galon Baros di PT Banyu Reverse Osmosis menggunakan pendekatan metode Six Sigma dan Fuzzy Marketing Mix. Tahapan penelitian menggunakan tahap DMAIC yaitu Define, Measure, Analyze, Improve dan Control. Pada tahap define dilakukan pemetaan atribut dimensi Marketing Mix 4P (Product, price, promotion dan place) dengan jumlah sebanyak 27 atribut dan dilakukan pengukuran voice of costumer kepada 100 responden. Kemudian pada tahap measure didapatkan gap kesenjangan negatif terbesar antara kepuasan dan kepentingan yaitu pada atribut 23 sebesar -0,4452. Selanjutnya pada tahap measure juga didapatkan rata-rata nilai sigma produk AMDK galon Baros sebesar 2,561 dengan rata-rata DPMO sebesar 153204. Dari hasil rata-rata DPMO dan nilai sigma maka dapat diketahui tingkat pencapaian sigma pada produk AMDK galon Baros di PT Banyu Reverse Osmosis yaitu termasuk ke dalam rata-rata industri Indonesia. Kemudian pada tahap analyze dilakukan identifikasi akar penyebab masalah pada atribut dengan gap negatif terbesar yaitu atribut ke 23 keterlambatan pengiriman produk AMDK galon Baros kepada konsumen. Salah satu usulan perbaikan yang dapat dilakukan dengan menggunakan metode Fuzzy FMEA yaitu dengan cara bagian pembelian bahan baku menyediakan stok galon baru untuk setiap sopir yang kekurangan galon kosong.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorUlfah, MariaUNSPECIFIED
Thesis advisorTrenggonowati, Dyah LintangUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Six Sigma, DMAIC, Fuzzy Marketing Mix, Fuzzy FMEA
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Oct 2024 10:55
Last Modified: 21 Oct 2024 10:55
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/43223

Actions (login required)

View Item View Item