Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP

ASMORO AJI, NIVO (2018) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP.pdf

Download (18MB)

Abstract

Realita yang ada pada umumnya siswa merasa bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit. Mereka masih belum memiliki pemahaman konsep matematis tentang pelajaran matematika yang sebenarnya harus dicapai oleh semua murid. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian ini. Melalui masalah di atas, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematis siswa setelah memperoleh penerapan model Contextual Teaching and Learning. Untuk mencapai tujuan di atas, penulis melakukan penelitian di MTs Ihsaniyah Kota Serang tahun pelajaran 2015-2016 dengan 39 siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model penelitian kuantitatif, yakni berbentuk kuasi eksperimen dengan desain pre-test post-test control group design yang bertujuan menelaah pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP yang menggunakan model Contextual Teaching and Learning dibandingkan dengan pembelajaran metode resitasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Ihsaniyah Kota Serang. Siswa dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model Contextual Teaching and Learning dan kelas kontrol yang menggunakan metode resitasi. Setelah data tersebut dianalisis, diperoleh hasil uji t data post-test yaitu thitung sebesar 2,0133 dan ttabel sebesar 1,684. Karena nilai thitung memenuhi kriteria maka H0 ditolak. Ini berarti kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih baik daripada siswa dengan metode resitasi. Hal inipun sama dengan hasil persentase kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yaitu 73,07% dengan Contextual Teaching and Learning dan 66,78% menggunakan metode resitasi. Dapat disimpulkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP yang memperoleh pembelajaran menggunakan Contextual Teaching and Learning lebih baik daripada pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan metode resitasi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSetiani, YaniUNSPECIFIED
Thesis advisorIhsanudin, IhsanudinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 03 Nov 2021 06:30
Last Modified: 03 Nov 2021 06:30
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4321

Actions (login required)

View Item View Item