Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA SMP

PARIDAH, IDAH (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA SMP.PDF
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan hasil studi pendahuluan di kelas VIII MTs, hal ini disebabkan karena pembelajaran yang masih didominasi oleh guru sehingga diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan penelitian: (1) untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang menggunakan metode Course Review Horay lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, (2) untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang menggunakan metode Course Review Horay lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, (3) untuk mengetahui sikap siswa terhadap penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Course Review Horay. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen yang dilaksanakan di MTs Nur El Ihsan Al-Falahiyah sukamulya pada kelas VII A dan VII B pada semester ganjil tahun ajaran 2014/ 2015, dengan kelas VII A diberikan pembelajaran dengan metode Course Review Horay dan kelas VII C diberikan pembelajaran konvensional. Pemilihan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok non-ekuivalen. Hasil penelitian menunjukkan: kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan metode Course Review Horay lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan metode Course Review Horay lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, serta sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan metode Course Review Horay termasuk dalam interpretasi kuat.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAsih Vivi Yandari, IndhiraUNSPECIFIED
Thesis advisorIhsanudin, IhsanudinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 03 Nov 2021 06:19
Last Modified: 03 Nov 2021 06:19
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4316

Actions (login required)

View Item View Item