JUNIANTI, KRISNA (2013) PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL DAN PENGUASAAN TEORI DRAMA TERHADAP PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA SISWA KELAS VIII SMP PGRI CILEGON. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
Pengaruh media audiovisual dan penguasaan teori drama terhadap pembelajaran apresiasi drama siswa kelas VIII SMP PGRI Cilegon.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK KRISNA JUNIANTI : Pengaruh Media Audio Visual dan Penguasaan Teori Drama terhadap Pembelajaran Apresiasi Drama Siswa Kelas VIII SMP PGRI Cilegon. Drama adalah cerita kehidupan manusia yang dipentaskan di atas panggung dengan melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah seni tari, kostum, dekorasi, dialog, dan lain sebagainya. Faktor yang menghambat siswa dalam proses apresiasi drama yaitu di dalam pembelajaran guru tidak terampil dalam memilih metode dan media pembelajaran sehingga di dalam pembelajaranpun siswa cenderung kurang bersemangat. Timbulnya kreativitas siswa di pacu oleh bagaimana kita dapat memancing sebuah kreativitas tersebut dengan cara menggunakan media atau metode yang bervariasi yang membuat pembelajaran menjadi sangat menyenangkan dan tidak terkesan membosankan. Dari pembelajaran yang menyenangkanlah akan timbulnya minat akan berkreativitas dalam belajar bahasa dan sastra. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil lokasi di SMP PGRI Cilegon. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi, dan teknik tes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media audiovisual dan penguasaan teori drama terhadap pembelajaran apresiasi drama. Hasil penelitian menunjukan: (1) Penggunaan media audiovisual tidak berpengaruh terhadap pembelajaran apresiasi drama. (2) Penguasaan teori drama tidak berpengaruh terhadap pembelajaran apresiasi drama (3) Media audiovisual dan penguasaan teori drama tidak berpengaruh terhadap pembelajaran apresiasi drama hal ini terbukti dari jumlah F hitung ≤F tabel atau 0,082 ≤ 4,91, maka menerima Ho dan tolak Ha, artinya dengan menggunakan media audiovisual dan penguasaan teori drama tidak berpengaruh terhadap pembelajaran apresiasi drama siswa kelas VIII SMP PGRI Cilegon. Rendahnya apresiasi drama siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah (1) ketidakterampilannya guru dalam mengoperasikan media yang digunakan, (2) Kurangnya penguasaan teori drama guru terhadap pembelajaran apresiasi drama, (3) Kurang menariknya vidio pementasan drama yang disajikan oleh guru. Kata Kunci : Apresiasi, Drama, Media Audiovisual
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Apresiasi, Drama, Media Audiovisual | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 03 Nov 2021 06:13 | |||||||||
Last Modified: | 03 Nov 2021 06:13 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4313 |
Actions (login required)
View Item |