Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI STRUKTUR BUMI ANTARA METODE MIND MAPPING DENGAN METODE CERAMAH (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SekolahDasarNegeri Kunciran 09 KotaTangerangTahun Ajaran 2015/2016)

RamadhaniAyuPermatasari, Rizqi (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI STRUKTUR BUMI ANTARA METODE MIND MAPPING DENGAN METODE CERAMAH (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SekolahDasarNegeri Kunciran 09 KotaTangerangTahun Ajaran 2015/2016). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI STRUKTUR BUMI ANTA.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

This research aims to determine the difference in student learning outcome and what method which the student learning outcome is higher in the study proccess between mind mapping method and speech method in 5th grade natural science subject of the material structure of the earth. This research was conducted at Tangerang 09 Kunciran Public Primary School school of year 2015/201. The method of this research is quasi-experiment. The technique used for taking sample is purposive sampling to choose the experiment class and control class. In this research, class VB became the experiment class and class VA became the control class. Based on the research, it can be concluded that there is a difference in student cognitive learning outcome who used the mind mapping method and those who used the speech method is proved in the trial of two parties by thitung> ttabel which is 4,47 > 2,000 then H0 is refused, Ha is accepted. Also the student learning outcome who used the mind mapping method is higher than the students who used the speech method, it is proved in the trial of the right party by thitung> ttabel which is 4,47 > 1,670 then H0 is refused and Ha is accepted. Key words: Mind Mapping Method, Lecture Method, Cognitive Learning Outcome, Natural Science, Primary School

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyachruroji, A197908162005011006
Thesis advisorJamaludin, Ujang197708012005011002
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan metode apa yang lebih tinggi pada proses pembelajaran antara metode Mind Mapping dengan metode ceramah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V pada materi Struktur Bumi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kunciran 09 Tangerang tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian ini ialah kuasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling untuk memilih kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada penelitian ini, kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan metode Mind Mapping dengan yang menggunakan metode ceramah dibuktikan pada uji dua pihak dengan thitung > ttabel yaitu 4,47 > 2,000 maka H0 ditolak Ha diterima. Serta hasil belajar siswa yang menggunakan metode Mind Mapping lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan metode ceramah dibuktikan pada uji pihak kanan dengan thitung > ttabel yaitu 4,47 > 1,670 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: metode Mind Mapping, metode ceramah, hasil belajar kognitif, Ilmu Pengetahuan Alam, SD Negeri Kunciran 09 Tangerang.
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping Method, Lecture Method, Cognitive Learning Outcome, Natural Science, Primary School metode Mind Mapping, metode ceramah, hasil belajar kognitif, Ilmu Pengetahuan Alam, SD Negeri Kunciran 09 Tangerang.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Nov 2021 04:39
Last Modified: 03 Nov 2021 04:39
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4305

Actions (login required)

View Item View Item