Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EVALUASI SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN MANAJEMEN LALU LINTAS (Studi kasus: Simpang Pomad di Kota Bogor, Jawa Barat)

MAULANA, RAY AKBAR (2020) EVALUASI SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN MANAJEMEN LALU LINTAS (Studi kasus: Simpang Pomad di Kota Bogor, Jawa Barat). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
TA_Ray Akbar Maulana_3336132686.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak_Ray Akbar Maulana_3336132686.pdf

Download (98kB)

Abstract

Peningkatan perekonomian masyarakat berdampak pada meningkatnya kebutuhan akan transportasi yang perlu diantisipasi dengan melakukan langkah-langkah penyesuaian keseimbangan antara penyediaan sarana dan prasarana transportasi dengan kebutuhannya. Ketidakseimbangan antara penawaran dan permintaan menciptakan masalah lalu lintas. Strategi jangka pendek untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan manajemen dan rekayasa lalu lintas untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas dengan memaksimalkan penggunaan ruang jalan dan persimpangan sesuai dengan kapasitasnya. Pengelolaan lalu lintas tidak dapat dilakukan semata-mata atas dasar pengamatan yang terlihat di lapangan karena mengandung beberapa variabel yang harus diteliti dan dianalisis berdasarkan data hasil survei lalu lintas. Penelitian ini dilakukan di simpang Pomad Kota Pontianak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa derajat kejenuhan pada simpang tersebut sebesar 0,86 yang sudah melebihi nilai 0,75 yang menunjukkan bahwa kapasitas simpang sudah mulai jenuh untuk menampung arus lalu lintas dengan kondisi pergerakan yang tidak stabil. Terdapat alternatif manajemen lalu lintas yang optimal untuk diterapkan, dimana alternatif ini memberikan nilai derajat kejenuhan 0,75 yaitu perubahan geometrik dan perubahan fasa jalan) dengan nilai derajat kejenuhan sebesar 0,44

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorFathonah, WoelandariUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: manajemen lalu lintas, kinerja jaringan jalan, model distribusi pergerakan, model pemilihan rute.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 10 Oct 2024 11:01
Last Modified: 10 Oct 2024 11:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/42958

Actions (login required)

View Item View Item