ABDURRAHMAN, SUDRAJAT (2020) ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL (Studi Kasus : Simpang Pisang Mas Di Kota Serang, Banten). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text (Fulltext)
File 1 Cover-Lampiran (Analisis Kinerja Simpang Bersinyal).pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
Text (Abstrak)
File 1 Cover-Lampiran (Analisis Kinerja Simpang Bersinyal).pdf Download (7MB) |
Abstract
Simpang empat Pisang Mas merupakan simpang yang menghubungkan antara Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang serta dengan jalan akses menuju stasiun Serang. Simpang ini tidak memiliki hambatan samping yang tinggi karena sebagian besar daerah sekitar simpang merupakan daerah perkantoran dan pertokoan sehingga penyebab kemacetan disebabkan oleh faktor lain yaitu jumlah lajur yang tidak sama antara jalan mayor dengan jalan minor sehingga sering terjadi kemacetan di simpang tersebut. Penelitian ini membahas mengenai analisa kinerja simpang empat bersinyal dengan studi kasus di simpang Pisang Mas di Kota Serang, yang bertujuan untuk mengetahui kinerja simpang dengan melihat kapasitas dan arus lalu lintas yang melewati simpang, kemudian memberikan solusi dalam menyelsaikan masalah yang terjadi. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan melakukan pengumpulan data di lokasi penelitian, seperti geometrik simpang, arus lalu lintas dan kondisi lingkungan di sekitar simpang, sedangkan data sekunder didapat dari instansi terkait, seperti data jumlah penduduk. Pengambilan data lalu lintas dilakukan pada hari Senin dan Sabtu pada jam 06.00-09.00 pagi, 11.00-14.00 siang dan 16.00-18.00 sore. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indoneisa (PKJI 2014). Berdasarkan hasil penelitian kinerja simpang empat Pisang Mas Serang didapatkan nilai derajat kejenuhan sebesar 0,888, tundaan sebesar 50 det/skr dan panjang antrian sebesar 137 m. Nilai DJ pada simpang ini melebihi nilai DJ yang disarankan oleh PKJI 2014 yaitu 0,85 sehingga direncanakan alternatif solusi dengan koordinasi lampu hijau, perubahan waktu siklus, perubahan fase dan pelebaran geometrik.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | arus lalu lintas, kapasitas, derajat kejenuhan, simpang, PKJI | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) Q Science > Q Science (General) |
|||||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan FT | |||||||||
Date Deposited: | 10 Oct 2024 11:00 | |||||||||
Last Modified: | 10 Oct 2024 11:00 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/42957 |
Actions (login required)
View Item |