NOVIANDARI, SANDRA ROSA (2019) ANALISIS KINERJA SIMPANG EMPAT BERSINYAL KALIGANDU (Studi Kasus : Jl. Trip Jamaksari – Jl. Ayip Usman, Kota Serang, Banten). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text (Fulltext)
TA_SANDRA ROSA NOVIANDARI_3336140365.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK_Sandra Rosa Noviandari_3336140365.pdf Download (550kB) |
Abstract
Simpang Kaligandu merupakan simpang bersinyal dengan empat lengan yang terletak di Kota Serang serta menghubungkan antara Jl. Trip Jamaksari dan Jl. Ayip Usman. Banyaknya aktivitas penduduk yang melewati simpang setiap harinya menyebabkan kondisi Simpang Kaligandu cukup ramai. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis tingkat kinerja simpang bersinyal pada Simpang Kaligandu dan untuk mengetahui kondisi simpang pada saat kondisi eksisting serta memberikan alternatif perbaikan masalah yang terjadi pada Simpang Kaligandu. Data dianalisis berdasarkan metode pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan besar nilai kapasitas (C) pada Simpang Kaligandu pada pendekat Utara yaitu sebesar 629 skr/jam, pendekat Timur yaitu 361 skr/jam, pendekat Selatan yaitu 428 skr/jam, dan pendekat Barat yaitu 365 skr/jam. Nilai derajat kejenuhan (Dj) pada pendekat Selatan sebesar 0,97 dan pada pendekat Barat sebesar 0,91 (Dj > 0,85 ; jenuh) sedangkan pada pendekat Utara sebesar 0,55 dan pada pendekat Timur sebesar 0,73 (Dj < 0,85 ; tidak jenuh). Panjang antrian (PA) tertinggi yaitu 115 m pada pendekat Selatan, dengan nilai angka henti pada seluruh simpang adalah 0,87 henti/skr, dan tundaan rata – rata (T) simpang yang dihasilkan adalah 55,89 det/skr dan masuk tingkat pelayanan (LOS) pada kategori E (40 – 60 det/skr). Untuk meningkatkan kinerja Simpang Kaligandu dilakukan alternatif perbaikan dengan melakukan perubahan fase dimana derajat kejenuhan (Dj) yang dihasilkan untuk pendekat Utara, Timur, dan Selatan yaitu 0,73, dan untuk pendekat Barat yaitu 0,64. Dengan tundaan rata – rata (T) yang dihasilkan sebesar 24,43 det/skr. Tingkat pelayanan simpang meningkat menjadi C (15 – 25 det/skr).
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | kinerja simpang, simpang empat bersinyal, PKJI. | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) Q Science > Q Science (General) |
|||||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan FT | |||||||||
Date Deposited: | 10 Oct 2024 11:00 | |||||||||
Last Modified: | 10 Oct 2024 11:00 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/42940 |
Actions (login required)
View Item |