Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS PENGARUH ENTERPRISE RESOURCE PLANNING, PRAKTIK SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DAN RESPONSIVITAS TERHADAP KINERJA OPERASIONAL PERUSAHAAN PRACETAK (Studi Kasus : Perusahaan Beton Pracetak di Daerah Banten)

SAPUTRO, FRANSISKUS ASISI RINTO NUGROHO (2020) ANALISIS PENGARUH ENTERPRISE RESOURCE PLANNING, PRAKTIK SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DAN RESPONSIVITAS TERHADAP KINERJA OPERASIONAL PERUSAHAAN PRACETAK (Studi Kasus : Perusahaan Beton Pracetak di Daerah Banten). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
5 Agustus 2020_TA FULL_Fransiskus Asisi Rinto N.S._3336150003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
[img] Text (Abstrak)
5 Agustus 2020_Abstrak_Fransiskus Asisi Rinto N.S._3336150003.pdf

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh implementasi sistem informasi Enterprise Resource Planning (ERP), praktik Supply Chain Management (SCM) dan responsivitas terhadap kinerja operasional perusahaan beton pracetak khususnya pada daerah Banten. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian dengan menyebarkan survei berupa kuesioner kepada responden dan data yang diperoleh diolah untuk mengetahui korelasi antara hasil data yang didapat dengan hipotesis yang telah dibangun. Sehingga didapatkan desain penelitian ini yaitu survei, eksplanatoris dengan analitis. Langkah analitis menggunakan analisis persamaan struktural atau biasa di sebut Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan aplikasi Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hipotesis yang diuji tidak ditemukan pengaruh yang signifikan antara ERP terhadap kinerja operasional, ERP terhadap praktik SCM, begitupun dengan praktik SCM terhadap kinerja operasional, tetapi menemukan pengaruh tidak langsung dari praktik SCM terhadap kinerja operasional melalui responsivitas. Temuan yang lain adalah adanya pengaruh yang signifikan antara praktik SCM terhadap responsivitas dan responsivitas terhadap kinerja operasional.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMaddeppungeng, AndiUNSPECIFIED
Thesis advisorDesdiani, DesdianiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ERP, Praktik SCM, Responsivitas, Kinerja Operasional, SEM-PLS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Oct 2024 12:01
Last Modified: 09 Oct 2024 12:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/42932

Actions (login required)

View Item View Item