Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KARAKTERISTIK KECELAKAAN SEPEDA MOTOR DI WILAYAH INDUSTRI (Studi Kasus: Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Serang)

NUFUS, RATU WIDA TRIA (2020) KARAKTERISTIK KECELAKAAN SEPEDA MOTOR DI WILAYAH INDUSTRI (Studi Kasus: Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Serang). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI RATU WIDA TRIA NUFUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK INDO DAN INGGRIS.pdf

Download (187kB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia Oleh karena itu Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Serang yang merupakan daerah industri di provinsi Banten, daerah ini banyak sekali terdapat pabrik- pabrik industri dan juga merupakan salah satu kota yang memiliki aktivitas lalu lintas cukup tinggi karena banyaknya para karyawan yang menggunakan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor menyebabkan tingginya juga angka kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Karakteristik pengendara, daerah rawan kecelakaan, besaran biaya korban kecelakaan sepeda motor di Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Serang serta solusi dan pemecahan masalahnya. Data kecelakaan diperoleh dari AIS-IRSMS Korlantas Polri diolah dengan analisa deskriptif, Angka Ekivalen Kecelakan (AEK) dan The Gross Output (Human Capital). Dari hasil penelitian diperoleh hasil karakteristik kecelakaan terbesar disebabkan oleh kesalahan manusia (human error), Nilai AEK tertinggi di Kabupaten Tangerang selama tahun 2016-2018 terdapat di Jalan Raya Serang sebesar 1776 sedangkan di Kabupaten Serang terdapat di Jalan Raya Serang - Jakarta sebesar 3864. Dan besaran biaya korban kecelakaan (BBKO) tertinggi di Kabupaten Tangerang selama tahun 2016-2018 terdapat di Jalan Raya Serang sebesar Rp55.388.140.852 sedangkan di Kabupaten Serang terdapat di Jalan Raya Serang - Jakarta sebesar Rp87.284.380.273.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorSetiawati, Dwi NoviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan, Sepeda Motor, Daerah Rawan Kecelakaan, AEK (Angka Ekivalen Kecelakaan), The Gross Output (Human Capital)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Oct 2024 12:01
Last Modified: 09 Oct 2024 12:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/42928

Actions (login required)

View Item View Item