Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH ESQ (EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (Penelitian Survei di kelas VIII SMPN 1 Kramatwatu Tahun Ajaran 2013/2014)

Rawinda Gusti, Selly (2014) PENGARUH ESQ (EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (Penelitian Survei di kelas VIII SMPN 1 Kramatwatu Tahun Ajaran 2013/2014). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Pengaruh ESQ Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep matematis dan kemandirian belajar siswa smp.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK SELLY RAWINDA GUSTI (2225091233), Pengaruh ESQ (Emotional Spiritual Quotient) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, 2014. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya tiga potensi yang dimiliki siswa yaitu IQ, EQ, dan SQ, dimana dalam hal ini penggabungan dari ketiga potensi tersebut disebut dengan ESQ. Pentingnya pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar dalam kegiatan pembelajaran juga menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh ESQ terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 1 Kramatwatu kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian survei, dengan satu kelas yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Selain angket, wawancara dan observasi juga dilakukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian diperoleh dari uji inferensial terhadap hipotesis dan analisis hasil wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan sebesar 22.11% antara ESQ terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, melalui persamaan regresi X81.013.82ˆ . Begitupula dengan ESQ terhadap kemandirian belajar siswa terdapat pengaruh positif yang signifikan sebesar 32.41% antara keduanya, melalui persamaan regresi X5.010.64ˆ . Sehingga semakin tinggi ESQ siswa, maka semakin tinggi pula kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajarnya. Kata Kunci: ESQ, Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMarethi, Indiana197903312005012001
Thesis advisorFakhrudin, Fakhrudin197807192010121001
Additional Information: ABSTRAK SELLY RAWINDA GUSTI (2225091233), Pengaruh ESQ (Emotional Spiritual Quotient) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, 2014. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya tiga potensi yang dimiliki siswa yaitu IQ, EQ, dan SQ, dimana dalam hal ini penggabungan dari ketiga potensi tersebut disebut dengan ESQ. Pentingnya pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar dalam kegiatan pembelajaran juga menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh ESQ terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 1 Kramatwatu kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian survei, dengan satu kelas yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Selain angket, wawancara dan observasi juga dilakukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian diperoleh dari uji inferensial terhadap hipotesis dan analisis hasil wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan sebesar 22.11% antara ESQ terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, melalui persamaan regresi X81.013.82ˆ . Begitupula dengan ESQ terhadap kemandirian belajar siswa terdapat pengaruh positif yang signifikan sebesar 32.41% antara keduanya, melalui persamaan regresi X5.010.64ˆ . Sehingga semakin tinggi ESQ siswa, maka semakin tinggi pula kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajarnya. Kata Kunci: ESQ, Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Belajar
Uncontrolled Keywords: ESQ, Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Nov 2021 03:17
Last Modified: 03 Nov 2021 03:17
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4287

Actions (login required)

View Item View Item