Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EVALUASI KEBERADAAN RAMBU LALU LINTAS DAN MARKA JALAN PADA RUAS JALAN SERANG - CILEGON

SIRAIT, FRANCIS ADE TARUNA (2020) EVALUASI KEBERADAAN RAMBU LALU LINTAS DAN MARKA JALAN PADA RUAS JALAN SERANG - CILEGON. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
TA LENGKAP-dikompresi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
7. Abstrak.pdf

Download (70kB)

Abstract

Jalan raya Cilegon adalah jalan raya nasional arteri kelas 1 penghubung antara Kota Cilegon dan Serang. Fungsi jalan ini sangat krusial dimana kota Serang yang merupakan Ibukota provinsi Banten dan kota Cilegon dengan kota penghasil baja terbesar di Pulau Jawa. Namun disamping fungsinya yang sangat krusial, lalu lintas di Jalan Raya Cilegon seringkali terjadi kemacetan dan kecelakaan. Dengan penerapan rambu-rambu lalu lintas yang benar maka dapat memberikan jaminan bagi pengemudi untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan,salah jalan, melanggar lalu lintas atau yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa banyak rambu lalu lintas dan marka jalan yang sudah sesuai dengan PERMENHUB No.13 dan 34 Tahun 2014 dan Mengetahui kesesuaian letak rambu pendahulu petunjuk jurusan terhadap analisa jarak pandang henti. Hasil analisis tentang kesesuaian rambu lalu lintas menurut peraturan dari total 229 rambu pada ruas jalan Serang – Cilegon terdapat 164 rambu yang tidak sesuai dengan peraturan atau sekitar 71,6% dan 65 rambu yang sudah sesuai peraturan atau sekitar 28,4%. Kemudian untuk marka jalan tiap ruas jalan Serang – Cilegon maupun arah sebaliknya untuk aturan ukuran dan penempatan marka jalan sudah sesuai hanya saja di banyak titik terdapat kondisi marka yang sudah pudar bahkan tidak terlihat. Hasil analisis jarak pandang henti berdasarkan peraturan RSNI T-14-2004 didapatkan untuk jalan yang mempunyai kecepatan rencana 80 km/j jarak penempatan minimal 73,41 m dengan jarak pandang henti 129,01, sedangkan jalan dengan kecepatan rencana 100 km/j jarak penempatan minimal 114,7 m dengan jarak pandang henti 184,2 km/j dimana perhitungannya sudah mempertimbangkan kecepatan rencana jalan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorAsyiah, SitiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Transportasi, Rambu Lalu Lintas, Marka Jalan, Jarak Pandang Henti
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Oct 2024 14:46
Last Modified: 04 Oct 2024 14:46
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/42818

Actions (login required)

View Item View Item