Qoni’ah, Untsa (2020) ANALISIS KECELAKAAN SEPEDA MOTOR DI WILAYAH PERKOTAAN (Studi Kasus: Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text (Fulltext)
1. Cover - Lampiran_Untsa Qoniah_3336160023.pdf Restricted to Registered users only Download (25MB) |
|
Text (Abstrak)
2. Abstrak-Abstract_Untsa Qoniah_3336160023.pdf Download (136kB) |
Abstract
Provinsi Banten khususnya wilayah Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan adalah salah satu wilayah perkotaan yang mengalami dampak besar dari kepadatan ibu kota DKI Jakarta. Persentase penduduk daerah perkotaan Provinsi Banten yakni 69,9% (BPS Provinsi Banten, 2020). Dengan meningkatnya populasi penduduk tiap tahunnya, mengakibatkan juga peningkatan yang cukup tajam pada jumlah kepemilikan transportasi, sebagai sarana penunjang mobilisasi di wilayah perkotaan, khususnya pada sepeda motor. Hal ini yang menjadikan konsentrasi penulis terkait dampak meningkatnya jumlah kepemilikan kendaraan dan potensi kecelakaan yang di akibatkan oleh sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengendara sepeda motor, daerah rawan kecelakaan di Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan menggunakan 2 metode perhitungan yaitu AEK dan Z - Score. Data kecelakaan diperoleh dari Website AIS Korlantas Polri.info diolah dengan analisa deskriptif, Angka Ekivalen Kecelakan (AEK) dan Z-Score. Berdasarkani hasil penelitian, karakteristik kecelakaan terbesar diakibatkan oleh kesalahan manusia (Human Error). Nilai AEK tertinggi di Kota Tangerang pada tahun 2016 - 2018 terdapat di Jalan Daan Mogot yang mencapai angka 789, sedangkan di Kota Tangerang Selatan terdapat di Jalan Raya Serpong yang mencapai angka 594. Lebih lanjut, nilai Z - Score tertinggi di Kota Tangerang pada tahun 2016 - 2018 yang termaksut dalam kriteria daerah rawan kecelakaan terdapat di Jalan Daan Mogot yang mencapai angka 7,745966691. Begitu juga di Kota Tangerang Selatan, terdapat di Jalan Raya Serpong yang mencapai angka 5,9160797833.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecelakaan, Sepeda Motor, Daerah Rawan Kecelakaan, Jalan perkotaan, AEK (Angka Ekivalen Kecelakaan), Z - Score | |||||||||
Subjects: | Q Science > Q Science (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
|||||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan FT | |||||||||
Date Deposited: | 04 Oct 2024 11:39 | |||||||||
Last Modified: | 04 Oct 2024 11:39 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/42797 |
Actions (login required)
View Item |