Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KINERJA SIMPANG EMPAT BERSINYAL Studi Kasus : Simpang Pasar Majasari Kabupaten Pandeglang

RAHAYU, DHANIA FITRI (2020) ANALISIS KINERJA SIMPANG EMPAT BERSINYAL Studi Kasus : Simpang Pasar Majasari Kabupaten Pandeglang. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
1.BERKAS TA_DHANIA FITRI RAHAYU_3336160011_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (Abstrak)
2. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS_DHANIA FITRI RAHAYU_3336160011.pdf

Download (215kB)

Abstract

Simpang Pasar Maja merupakan salah satu simpang bersinyal yang mengalami permasalahan pada kinerjanya. Pada simpang ini terdapat APILL tetapi APILL disini tidak berfungsi dengan baik. Pada simpang ini juga sering terjadi konflik antara kendaraan yang berbeda asal dan tujuan. Selain itu juga memiliki hambatan samping yang tinggi. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, analisa kinerja simpang bersinyal perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kinerja simpang bersinyal pada Simpang Pasar Maja yang bertujuan untuk mengetahui kondisi simpang pada saat kondisi eksisting dan memberikan alternatif perbaikan masalah yang terjadi pada simpang Pasar Maja. Data dianalisis dengan menggunakan Metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2014). Berdasarkan hasil penelitian kinerja Simpang Pasar Maja, didapatkan nilai kapasitas (C) pada pendekat Utara yaitu sebesar 1014 skr/jam, pendekat Timur 543 skr/jam, pendekat Selatan 1011 skr/jam, dan pendekat Barat 557 skr/jam. Nilai derajat kejenuhan (Dj) pada pendekat utara sebesar 0.89, pendekat Timur 0.66, pendekat Selatan 0.98, dan pendekat Barat 0.83. Pada pendekat Utara dan Selatan memiliki nilai derajat kejenuhan ≥ 0,85 maka kedua pendekat tersebut mengalami kondisi jenuh. Panjang antrian (PA) terbesar pada Simpang Pasar Maja terjadi pada Pendekat Selatan yaitu sebesar 224 m. Nilai angka henti untuk keselutuhan pendekat sebesar 1.06 henti/skr, serta nilai tundaan rata-rata (T) simpang sebesar 46.48 det/skr. Untuk meningkatkan kinerja Simpang Pasar Maja dilakukan alternatif perbaikan perubahan fase dan pelebaran lebar geometrik.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorSetiawati, Dwi NoviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kapasitas, Derajat kejenuhan, Panjang antrian, tundaan, PKJI, simpang bersinyal
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Oct 2024 11:39
Last Modified: 04 Oct 2024 11:39
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/42796

Actions (login required)

View Item View Item