Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EVALUASI KESESUAIAN STRUKTUR RUMAH TINGGAL SEDERHANA DENGAN PEDOMAN TEKNIS RUMAH TINGGAL TAHAN GEMPA (Studi Kasus Perumahan Non-Subsisi di Kota Cilegon)

NURJANAH, MIFTA (2020) EVALUASI KESESUAIAN STRUKTUR RUMAH TINGGAL SEDERHANA DENGAN PEDOMAN TEKNIS RUMAH TINGGAL TAHAN GEMPA (Studi Kasus Perumahan Non-Subsisi di Kota Cilegon). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
04 TA_MIFTA NURJANAH_3336160021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (Abstrak)
01 COVER - ABSTRAK_MIFTA NURJANAH 3336160021.pdf

Download (203kB)

Abstract

Cilegon secara letak geografis berada dibagian paling ujung sebelah Barat Pulau Jawa di tepi Selat Sunda. Letaknya tidak jauh dari Gunung Anak Krakatau yang masih aktif, hal ini mengakibatkan kota ini memiliki risiko mengalami gempa bumi vulkanik. Mengingat hal tersebut, Cilegon merupakan wilayah perkotaan yang memiliki banyak perumahan, sehingga perlu diteliti apakah rumah-rumah tersebut dibangun sesuai ketentuan perencanaan rumah tahan gempa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluai kesesuaian struktur rumah tinggal sederhana menurut pedoman teknis rumah tahan gempa berdasarkan studi kasus perumahan non-subsidi di Kota Cilegon. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil 80% dari populasi sampel yaitu sebanyak 16 perumahan non-subsidi. Metode pengumpulan data melalui observasi dan survei lapangan maupun online, wawancara kepada pemilik rumah dan pihak pengembang (developer). Hasil penelitian menunjukkan persentase kesesuaian struktur bangunan rumah tinggal tahan gempa pada perumahan non-subsidi di Kota Cilegon sebesar 38 % dan persentase ketidaksesuaian sebesar 62 %. Berdasarkan hal ini membuktikan bahwa kondisi rumah tinggal di perumahan non-subsidi di Kota Cilegon sebagian besar kurang sesuai dengan pedoman teknis rumah tinggal tahan gempa dan menunjukkan kurangnya pemahaman masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorBaehaki, BaehakiUNSPECIFIED
Thesis advisorPurnaditya, Ngakan PutuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: gempa, struktur bangunan rumah, perumahan non-subsidi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Oct 2024 11:39
Last Modified: 04 Oct 2024 11:39
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/42795

Actions (login required)

View Item View Item