Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN METODE GLOBAL MELALUI MEDIA FLASH CARD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas II SD Negeri Cikande 4 Kecamatan Jayanti Kabupaten Tangerang)

Annisa, Ukhti (2018) PENERAPAN METODE GLOBAL MELALUI MEDIA FLASH CARD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas II SD Negeri Cikande 4 Kecamatan Jayanti Kabupaten Tangerang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN METODE GLOBAL MELALUI MEDIA FLASH CARD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II.pdf

Download (8MB)

Abstract

This study aims to know and analyze the application of global methods through flash card media to the skills of reading the beginning of second grade students. The method used is quasi experiment and research design of Nonequivalent Control Group Design. Sampling technique used is Purposive Sampling. In this research, class II A as experiment class using global method through flash card media and class II B using conventional learning. The results obtained for the test of one party is the right side obtained thitung> ttabel. thitung = 1.856 and ttable = 1.677. Thus, it can be concluded that the early reading skills of learners using global methods through flash media are better than learners who use conventional learning.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorYuliana, RinaUNSPECIFIED
Thesis advisorNurhasanah, AnaUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan metode global melalui media flash card terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas II. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Pada penelitian ini, kelas II A sebagai kelas eksperimen menggunakan metode global melalui media flash card dan kelas II B menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian diperoleh untuk uji satu pihak yaitu pihak kanan diperoleh thitung > ttabel . thitung =1,856 dan ttabel = 1,677. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca permulaan peserta didik yang menggunakan metode global melalui media flash card terdapat lebih baik dari peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 02 Nov 2021 08:54
Last Modified: 02 Nov 2021 08:54
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4278

Actions (login required)

View Item View Item