Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PEMANFAATAN MERCUSUAR ANYER SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH INDONESIA DI SMA NEGERI 1 ANYER

JUBAEDAH, SITI (2024) PEMANFAATAN MERCUSUAR ANYER SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH INDONESIA DI SMA NEGERI 1 ANYER. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
SITI JUBAEDAH_2288190010_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
SITI JUBAEDAH_2288190010_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41MB) | Request a copy
[img] Text
SITI JUBAEDAH_2288190010_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SITI JUBAEDAH_2288190010_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text
SITI JUBAEDAH_2288190010_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text
SITI JUBAEDAH_2288190010_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text
SITI JUBAEDAH_2288190010_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy
[img] Text
SITI JUBAEDAH_2288190010_REF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI)
SITI JUBAEDAH_2288190010_LAMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

This research analyzes the utilization of the Anyer Lighthouse as a learning resource for Indonesian history at SMA Negeri 1 Anyer, as well as describing its weaknesses, strengths, and solutions in learning history. This type of research is descriptive qualitative with data collection techniques through observation, interviews, and documentation studies. The data analysis technique uses the Miles and Huberman interactive analysis model by collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results of this study can be concluded that the utilization of Anyer Lighthouse at SMA Negeri 1 Anyer has been implemented with a study visit learning model by teachers and educators of Anyer Lighthouse to be able to assist students in learning history. Anyer Lighthouse has historical value so that it can be used as a learning resource for students. A visit to Anyer Lighthouse can facilitate students in understanding a material because students can see and assess objects directly. Based on observations, there are 3 weaknesses, namely first, some students do not have vehicles, but the school can accommodate vehicles for students. Secondly, the weather was not favorable so it was not efficient when students visited Anyer Lighthouse, and thirdly students were not allowed to go up to Anyer Lighthouse until the 18th floor. Visitors can only go up to the 3rd floor for safety reasons and limited space in the lighthouse.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFADILLAH, M. ALI195910231988031005
Thesis advisorRIBAWATI, EKO198601182024212020
Additional Information: Skripsi ini membahas mengenai pemanfaatan Mercusuar Anyer sebagai sumber belajar Sejarah Indonesia di SMA Negeri 1 Anyer yang bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan Mercusuar Anyer sebagai sumber belajar Sejarah Indonesia di SMA Negeri 1 Anyer, serta menguraikan kelemahan, kelebihan dan Solusi yang dihadapi dalam pemanfataan Mercusuar Anyer sebagai sumber belajar Sejarah Indonesia di SMA Negeri 1 Anyer. Jenis penelitian ini adalah deksriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan Mercusuar Anyer memiliki banyak nilai historis sehingga bisa dijadikan sebagai sumber belajar peserta didik dan dapat membentuk karakter peserta didik menjadi lebih baik. Kunjungan ke Mercusuar Anyer dapat memudahkan siswa untuk memahami suatu materi karena siswa dapat melihat dan menilai objek secara langsung. Dalam melakukan pengamatan, terdapat kelemahan yaitu: beberapa peserta didik tidak memiliki kendaraan, namun sekolah bisa mengakomodir kendaraan untuk siswa. Selain itu cuaca yang tidak mendukung sehingga tidak mengefektifkan waktu saat peserta didik mengunjungi Mercusuar Anyer. Dan kelemahan yang terakhir adalah tidak diperbolehkannya peserta didik untuk menaiki Mercusuar Anyer hingga lantai atas, hal ini sudah dilakukan pengarahan awal oleh pihak Mercusuar dikatakan bahwa pengunjung hanya bisa mengakses Mercusuar Anyer sampai ke lantai 3, dikarenakan khawatir ada hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan serta lantai Mercusuar Anyer dibuat\ semakin atas semakin menyempit. Kelebihan dari pembelajaran dengan memanfaatkan Mercusuar Anyer sebagai sumber belajar Sejarah Indonesia di SMA Negeri 1 Anyer yaitu: kegunaan rekreatif, inspiratif, instruktif, dan edukatif
Uncontrolled Keywords: Utilization of Anyer Lighthouse, History Learning, SMA Negeri 1 Anyer Pemanfaatan Mercusuar Anyer, Pembelajaran Sejarah, SMA Negeri 1 Anyer
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87201-Jurusan Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mrs Siti Jubaedah
Date Deposited: 04 Oct 2024 10:03
Last Modified: 04 Oct 2024 10:03
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/42778

Actions (login required)

View Item View Item