Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN PEMADU MODA DI KOTA BOGOR (Studi Kasus: Bus DAMRI Rute Bogor – Bandara Halim PerdanavKusuma)

Wirawan, Muhammad Rishardi (2020) ANALISIS KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN PEMADU MODA DI KOTA BOGOR (Studi Kasus: Bus DAMRI Rute Bogor – Bandara Halim PerdanavKusuma). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
TA_Muhammad Rishardi Wirawan_3336131473.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[img] Text (Abstrak)
Cover - Abstrak_Muhammad Rishardi Wirawan_3336131473.pdf

Download (293kB)

Abstract

Bandara Halim Perdana Kusuma adalah bandara yang telah beroperasi secara komersial sejak 2014 guna membantu penerbangan di Bandara Soekarno Hatta yang jumlahnya padat. Sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan pelayanan transportasi, pemerintah telah menyediakan angkutan umum massal melalui angkutan pemadu moda yang melayani bandara khususnya di bandara Halim Perdana Kusuma yang disediakan oleh DAMRI. Dalam hal ini untuk mengetahui kinerja pelayanan Bus Damri Bogor – Bandara Halim Perdana Kusuma, diperlukan suatu studi tentang kinerja pelayanan dengan tujuan peningkatan pelayanan bagi pengguna jasa Bus DAMRI Bandara Halim Perdana Kusuma. Penelitian ini menggunakan metode survei lapangan dengan melakukan pengamatan pada Bus DAMRI untuk mengevaluasi kondisi bus saat ini yang akan dibandingkan dengan tolak ukur pada Peraturan Menteri Perhubungan No. 52 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Angkutan Penumpang Umum Pada Kawasan Strategis Nasional, serta menyebarkan kuisioner kepada 75 responden yang berisikan 31 atribut pertanyaan tentang pelayanan bus secara langsung kepada pengguna jasa yang akan diolah dengan dengan metode perhitungan Service Quality (ServQual). Strategi yang digunakan untuk meningkatkan kinerja pelayanan pada Bus DAMRI, peneliti menggunakan metode analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat). Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa pengguna jasa tidak puas atas pelayanan yang diberikan Bus DAMRI Rute Bogor – Bandara Halim Perdana Kusuma. Hal ini dibuktikan dari nilai dimensi pelayanan ServQual yang bernilai negatif yaitu pada dimensi Jaminan (Assurance) sebesar -0,71, Keandalan (Reliabity) sebesar -0,93, Bukti Fisik (Tangible) sebesar -0,95, Daya Tanggap (Responsiveness) sebesar -1,02, dan Kepedulian (Empathy) sebesar -1,26. Secara keseluruhan dari evaluasi kinerja pelayanan Bus DAMRI, diperoleh 65,75% atribut pelayanan yang dipenuhi berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No. 52 Tahun 2019. Strategi yang diperoleh menggunakan metode SWOT adalah (1) pihak pengelola harus memperbaiki, menambah dan berinovasi terhadap fasilitas – fasilitas yang ada di dalam bus DAMRI; (2) pemerintah memberi anggaran untuk perum DAMRI untuk mendukung program penggunaan angkutan massal agar tarif layanan jauh lebih murah; (3) mempertahankan dan meningkatkan kenyamanan penumpang agar penumpang lebih tertarik menggunakan bus DAMRI; (4) banyak pilihan dalam akses menuju/dari pool mendukung program pemerintah tentang anjuran penggunaan angkutan massal; dan (5) pihak pengelola harus mengurangi waktu tunggu bagi penumpang agar penumpang lebih tertarik menggunakan bus DAMRI.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorAsyiah, SitiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bus DAMRI, Kinerja Pelayanan, Pengguna Jasa, Peraturan Menteri Perhubungan 52 Tahun 2019, Service Quality
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 03 Oct 2024 16:22
Last Modified: 03 Oct 2024 16:22
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/42763

Actions (login required)

View Item View Item