Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN KONSEP TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT (TOD) PADA KAWASAN MERAK KOTA CILEGON (STUDI KASUS : TERMINAL TERPADU MERAK, KOTA CILEGON)

ABDULLAH, MUHAMMAD (2020) PENERAPAN KONSEP TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT (TOD) PADA KAWASAN MERAK KOTA CILEGON (STUDI KASUS : TERMINAL TERPADU MERAK, KOTA CILEGON). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Skripsi Akhir FULL - Muhammad Abdullah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak - Muhammad Abdullah.pdf

Download (138kB)

Abstract

Kota Cilegon terus berbenah dalam mengatasi permasalahan padatnya arus lalu lintas yang disebabkan oleh penggunaan kendaraan pribadi yang melebihi dari penggunaan transportasi umum. Lokasi titik transit di Kota Cilegon adalah Terminal Terpadu Merak yang berada di kawasan Merak. Solusi untuk mengurai kepadatan lalu lintas yaitu dengan menerapkan konsep transit oriented development (TOD) dimana dengan mengoptimalkan integrasi titik transit guna memudahkan aksesibilitas penumpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik yang sudah diimplementasikan di kawasan Merak dan mengidentifikasi karakteristik penumpang di Terminal Terpadu Merak, serta untuk menganalisis upaya yang perlu dilakukan agar kawasan Merak sesuai dengan konsep transit oriented development (TOD). Metode yang digunakan yaitu mix method, penggabungan antara analisis kuantitatif untuk mengetahui karakteristik penumpang bus di Terminal Terpadu Merak dan analisis kualitatif yaitu observasi mengenai prinsip transit oriented development (TOD) yang sudah diterapkan di kawasan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kawasan Terminal Terpadu Merak dikategorikan sebagai kawasan transit oriented development (TOD) dengan kelas Silver Standard dengan karakteristik penumpang mayoritas bertujuan untuk bekerja. Dari delapan prinsip yang dinilai, fasilitas pejalan kaki dan pesepeda belum memenuhi kriteria bahkan belum tersedia serta belum adanya ruang terbuka publik. Sehingga perlu diperbaiki terkait beberapa permasalahan tersebut guna mengoptimalkan sebuah kawasan berbasis transit oriented development (TOD).

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorUjianto, RifkyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan kawasan transit, Karakteristik penumpang, Terminal Terpadu Merak
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 03 Oct 2024 14:43
Last Modified: 03 Oct 2024 14:43
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/42761

Actions (login required)

View Item View Item