Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MEDIA SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA PADA MATERI FLUIDA (Pada Siswa MA Al-Inayah Tahun Pelajaran 2018/2019)

FATHUROHMAN, CECEP (2018) PENERAPAN MEDIA SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA PADA MATERI FLUIDA (Pada Siswa MA Al-Inayah Tahun Pelajaran 2018/2019). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MEDIA SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA PADA MATERI FLUIDA.pdf

Download (5MB)

Abstract

This research is motivated by the importance of understanding the concepts that must be possessed by every student in physics learning, so it is necessary to find alternative learning that can improve students' conceptual understanding. The alternative learning applied is learning using PhET Media Simulation. The purpose of this study is 1) To find out an increase in conceptual understanding of students who get learning using PhET simulation media compared to students who get conventional learning media; 2) To find out the effectiveness of conceptual understanding of students who use PhET simulation media learning compared to the conceptual understanding ability of students who use conventional learning media. This study uses an experimental design with a quasi-experimental type with a non-equivalent control design that uses two classes namely the experimental class and the control class. The instrument used in this study was a test instrument in the form of 20 multiple choice tests. The population of this study was all students of class XI IPA MA Al-InayahJerangIlirCilegon. Samples are taken randomly by group (class). Data from the research results were analyzed statistically. Data came from the value of the pretest, posttest and gainof the experimental and control classes. The results of the study show that: 1) There is an increase in understanding of concepts of students who get learning in Media Simulation PhET compared to conventional media learning. This can be seen from the results of calculations with the average value of N-gain showing that Ho is rejected and Ha is accepted, namely the acquisition of N-gain experimental class is 0,51, while the average value of Ngain dick class is 0,22 . It can be concluded that the N-gainexperimental class is higher than the control class; 2) Effectiveness of conceptual understanding of students who use Media PhET Simulation is higher than the conceptual understanding of students who use conventional learning media. this can be seen from the results of calculations with t-test in the experimental and control classes. thenttable= 2,01 and tcount = 6,90. Then compare tcount with ttable and get tcount>ttable or 6,90> 2,01.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRuhiyat, YayatUNSPECIFIED
Thesis advisorFirman Septiyanto, RahmatUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pemahaman konsep yang harus dimiliki oleh setiap siswa dalam pembelajaran fisika, sehingga perlu cari alternatif pembelajan yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Alternatif pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran menggunakan Media Simulasi PhET. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan media simulasi PhET dibandingkan siswa yang mendapatkan media pembelajaran konvensional; 2) Untuk mengetahui efektifitas pemahaman konsep siswa yang menggunakan pembelajaran media simulasi PhET dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan jenis kuasi eksperimen dengan desain kontrol non-ekuivalen yang menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MA Al-Inayah Jerang Ilir Cilegon. Sampel diambil secara random berdasarkan kelompok (kelas). Data hasil penelitian dianalisis secara statistik. Data berasal dari nilai pretest, postest dan gain kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik yang mendapatkan pembelajaran Media Simulasi PhET dibandingkan dengan pembelajaran media konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan nilai rata-rata N-gain menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima yaitu dengan perolehan N-gain kelas eksperimen adalah 0,51, sedangkan nilai rata-rata N-gain kelas kontol adalah 0,22. Dapat disimpulkan bahwa N-gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol; 2) Efektifitas pemahaman konsep siswa yang menggunakan Media Simulasi PhET lebih tinggi dibandingkan dengan pemahaman konsep siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional. hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan uji-t pada kelas eksperimen dan kontrol. maka didapatkan ttabel = 2,01 dan thitung = 6,90. Selanjutnya membandingkan thitung dengan ttabel dan didapatkan thitung> ttabel atau 6,90> 2,01.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203-Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 02 Nov 2021 08:43
Last Modified: 02 Nov 2021 08:43
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4276

Actions (login required)

View Item View Item