Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Analisa Pengaruh Penambahan Dual Fuel (Diesel-Hidrogen) pada Performa Mesin Diesel

Moraliwa Arif, Reyhan (2024) Analisa Pengaruh Penambahan Dual Fuel (Diesel-Hidrogen) pada Performa Mesin Diesel. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Reyhan Moraliwa Arif_331180036_Fulltext.pdf

Download (18MB)
[img] Text
Reyhan Moraliwa Arif_3331180036_01.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Reyhan Moraliwa Arif_3331180036_02.pdf

Download (472kB)
[img] Text
Reyhan Moraliwa Arif_3331180036_03.pdf

Download (534kB)
[img] Text
Reyhan Moraliwa Arif_3331180036_04.pdf

Download (726kB)
[img] Text
Reyhan Moraliwa Arif_3331180036_05.pdf

Download (236kB)
[img] Text
Reyhan Moraliwa Arif_331180036_Ref.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Reyhan Moraliwa Arif_3331180036_Lamp.pdf

Download (365kB)
[img] Text
Reyhan Moraliwa Arif_3331180036_CP.pdf

Download (6MB)

Abstract

Hidrogen dapat dijadikan sebagai terobosan untuk membantu memaksimalkan pembakaran dari pembakaran bahan bakar yang kurang sempurna. Teknologi dual fuel merupakan pengembangan teknologi dengan dua bahan bakar dengan tujuan memaksimalkan proses pembakaran. Pengujian kali ini yang dilakukan adalah dengan mencampurkan bahan bakar mesin diesel dengan menambahkan gas hidrogen melalui saluran intake pada mesin diesel. Tujuan dilakukannya pengujian kali ini untuk mengetahui perbandingan daya, torsi, Specific fuel consumption, dan efisiensi thermal antara penggunaan bahan bakar tanpa campuran hidrogen (0 lpm) dan dengan adanya campuran hidrogen sebesar 2 lpm , 4 lpm dan 6 lpm pada putaran mesin 1200 rpm, 1400 rpm, 1600 rpm, 1800 rpm dan 2000 rpm. Dari pengujian yang telah dilakukan, putaran mesin yang menghasilkan efisiensi terbaik pada saat 2000 rpm sedangkan laju aliran hidrogen yang menghasilkan nilai terbaik pada saat 6 lpm. Perbandingan antara mesin diesel tanpa campuran hidrogen (0 lpm) dan laju aliran 6 lpm pada saat putaran mesin 2000 rpm diantaranya daya 1,497 kW dan 1,651 kW, torsi 7,11 Nm dan 7,85, Sfc 0,926 kg/kWh dan 0,324 kg/kWh , efisiensi thermal 8,31% dan 21,68%. Dual fuel sangat berpengaruh pada nilai SFC dan efisiensi thermal dikarenakan adanya campuran bahan bakar hidrogen yang memiliki massa sangat kecil dan nilai kalor yang lebih besar dibandingkan dengan dexlite. Nilai kalor hidrogen yang tinggi dapat mengeluarkan energi yang lebih besar berdasarkan massa dari yang terbakar pada pembakaran. Kata Kunci : Dual Fuel, Diesel, Hidrogen

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSudrajad, Agung197505152014041001
Additional Information: Hidrogen dapat dijadikan sebagai terobosan untuk membantu memaksimalkan pembakaran dari pembakaran bahan bakar yang kurang sempurna. Teknologi dual fuel merupakan pengembangan teknologi dengan dua bahan bakar dengan tujuan memaksimalkan proses pembakaran. Pengujian kali ini yang dilakukan adalah dengan mencampurkan bahan bakar mesin diesel dengan menambahkan gas hidrogen melalui saluran intake pada mesin diesel. Tujuan dilakukannya pengujian kali ini untuk mengetahui perbandingan daya, torsi, Specific fuel consumption, dan efisiensi thermal antara penggunaan bahan bakar tanpa campuran hidrogen (0 lpm) dan dengan adanya campuran hidrogen sebesar 2 lpm , 4 lpm dan 6 lpm pada putaran mesin 1200 rpm, 1400 rpm, 1600 rpm, 1800 rpm dan 2000 rpm. Dari pengujian yang telah dilakukan, putaran mesin yang menghasilkan efisiensi terbaik pada saat 2000 rpm sedangkan laju aliran hidrogen yang menghasilkan nilai terbaik pada saat 6 lpm. Perbandingan antara mesin diesel tanpa campuran hidrogen (0 lpm) dan laju aliran 6 lpm pada saat putaran mesin 2000 rpm diantaranya daya 1,497 kW dan 1,651 kW, torsi 7,11 Nm dan 7,85, Sfc 0,926 kg/kWh dan 0,324 kg/kWh , efisiensi thermal 8,31% dan 21,68%. Dual fuel sangat berpengaruh pada nilai SFC dan efisiensi thermal dikarenakan adanya campuran bahan bakar hidrogen yang memiliki massa sangat kecil dan nilai kalor yang lebih besar dibandingkan dengan dexlite. Nilai kalor hidrogen yang tinggi dapat mengeluarkan energi yang lebih besar berdasarkan massa dari yang terbakar pada pembakaran. Kata Kunci : Dual Fuel, Diesel, Hidrogen
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Reyhan Moraliwa Arif
Date Deposited: 01 Oct 2024 14:03
Last Modified: 01 Oct 2024 14:03
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/42639

Actions (login required)

View Item View Item