Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KERIPIK TIKE (STUDI KASUS PADA UKM PAWANG CAMILAN DI KECAMATAN PONTANG)

Maulana Yusup, Muhammad (2024) PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KERIPIK TIKE (STUDI KASUS PADA UKM PAWANG CAMILAN DI KECAMATAN PONTANG). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Muhammad Maulana Yusup_444120119_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
Muhammad Maulana Yusup_444120119_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Maulana Yusup_444120119_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text
Muhammad Maulana Yusup_444120119_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
Muhammad Maulana Yusup_444120119_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Maulana Yusup_444120119_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
Muhammad Maulana Yusup_444120119_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
Muhammad Maulana Yusup_444120119_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan usaha berkembang seiring dengan waktu, dan pertumbuhan ekonomi sangat penting untuk meningkatkan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi lokal, bahkan hingga ke daerah terpencil seperti Desa Domas di Kecamatan Pontang. Desa ini memiliki potensi dalam menciptakan produk dari sumber daya alam lokal, seperti biji tike yang dapat diolah menjadi keripik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi, proses, orang, bukti fisik) dan label halal terhadap keputusan pembelian Keripik Tike di UMKM Pawang Camilan di Kecamatan Pontang. Penelitian ini bersifat deskriptif dan kuantitatif, dengan melibatkan 100 responden yang dipilih melalui purposive sampling. Analisis meliputi uji validitas dan reliabilitas, transformasi data MSI, serta uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, uji f, koefisien determinasi, dan analisis regresi berganda. Hasil uji t menunjukkan bahwa produk, harga, tempat, proses, orang, dan label halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan promosi dan bukti fisik tidak berpengaruh. Uji f menunjukkan bahwa semua variabel secara bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian. Nilai R-square sebesar 0,804 menunjukkan bahwa variabel-variabel tersebut menjelaskan 80,4% dari keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMeutia, Meutia197208282003122001
Thesis advisorPancawati, Juwarin197502142003122001
Additional Information: Kegiatan usaha berkembang seiring dengan waktu, dan pertumbuhan ekonomi sangat penting untuk meningkatkan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi lokal, bahkan hingga ke daerah terpencil seperti Desa Domas di Kecamatan Pontang. Desa ini memiliki potensi dalam menciptakan produk dari sumber daya alam lokal, seperti biji tike yang dapat diolah menjadi keripik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi, proses, orang, bukti fisik) dan label halal terhadap keputusan pembelian Keripik Tike di UMKM Pawang Camilan di Kecamatan Pontang. Penelitian ini bersifat deskriptif dan kuantitatif, dengan melibatkan 100 responden yang dipilih melalui purposive sampling. Analisis meliputi uji validitas dan reliabilitas, transformasi data MSI, serta uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, uji f, koefisien determinasi, dan analisis regresi berganda. Hasil uji t menunjukkan bahwa produk, harga, tempat, proses, orang, dan label halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan promosi dan bukti fisik tidak berpengaruh. Uji f menunjukkan bahwa semua variabel secara bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian. Nilai R-square sebesar 0,804 menunjukkan bahwa variabel-variabel tersebut menjelaskan 80,4% dari keputusan pembelian.
Uncontrolled Keywords: halal labeling, marketing mix, purchase decision, small and medium enterprises (SMEs).
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Mr Muhammad Maulana Yusup
Date Deposited: 01 Oct 2024 11:14
Last Modified: 01 Oct 2024 11:14
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/42593

Actions (login required)

View Item View Item