Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PASIEN RAWAT JALAN DI KRAKATAU MEDIKA HOSPITAL

UTAMI, ARINI SYAFIRA (2020) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PASIEN RAWAT JALAN DI KRAKATAU MEDIKA HOSPITAL. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
ARINI SYAFIRA UTAMI_3333160008_FULL EDITION.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
ARINI SYAFIRA UTAMI_3333160008_COVER - ABSTRAK.pdf

Download (728kB)

Abstract

Rumah sakit yang mendapatkan nilai paripurna wajib selalu meningkatkan pelayanan kesehatan bagi para pasien umum maupun mitra kerja sama. Pelayanan pasien menjadi salah satu dari kelompok kerja yang wajib mendapatkan nilai baik mulai dari akreditasi tingkat dasar rumah sakit sekalipun .Akreditasi KM Hospital saat ini meraih predikat Paripurna yaitu tingkat tertinggi dalam akreditasi rumah sakit di indonesia. Hal ini guna meningkatkan kinerja pelayanan rumah sakit sesuai dengan harapan dan keinginan pasien. Selain itu peningkatan pelayanan kesehatan ini dapat juga meningkatkan daya saing terhadap rumah sakit sejenis. Pada bulan Januari 2019 – Oktober 2019 KM Hospital mengalami penurunan jumlah pasien rawat jalan sebesar 25,52%. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh tingkat pelayanan KM Hospital yang belum mencukupi kebutuhan pasien rawat jalan dan hal ini dikuatkan berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada beberapa pasien rawat jalan sebelum dilakukannya penyebaran kuesioner yaitu diperoleh opini bahwa pasien merasa mengeluh terhadap beberapa kinerja pelayanan yang diberikan, contohnya sepertinya pelayanan dokter dijalankan tidak sesuai jadwal yang tertera dan menunggu pelayanan di apotek lebih dari satu jam. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner kepada pasien rawat jalan sebanyak 100 orang. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui presepsi pasien terhadap atribut – atribut pelayanan menurut metode IPA, mengetahui atribut pelayanan yang perlu ditingkatkan berdasarkan kategori model KANO, dan mengetahui atribut yang menjadi prioritas untuk ditingkatkan oleh manajemen KM Hospital berdasarkan integrasi metode IPA dan model KANO. Dari hasil pengolahan data berdasarkan integrasi metode IPA dan model KANO, diperoleh atribut pelayanan pada pasien rawat jalan yang perlu mendapatkan prioritas utama untuk ditingkatkan yaitu atribut: 10 (menunggu pelayanan di apotek kurang dari 1 jam), 6(dokter dan perawat mampu cepat tanggap menyelesaikan keluhan pasien), 2(pelayanan dokter dijalankan sesuai jadwal), 1(dokter mampu mendiagnosa penyakit pasien dengan tepat), dan 7(petugas apotek cepat tanggap dalam memberikan nomor antrian obat pada pasien).

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorGunawan, AkbarUNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuni, NuraidaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: IPA, model KANO, kepuasan pasien, integrasi metode IPA dan model KANO
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Sep 2024 16:39
Last Modified: 30 Sep 2024 16:39
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/42586

Actions (login required)

View Item View Item