NUR ANDRIANI, ISKA (2017) ANALISIS BEBAN KOGNITIF PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS UNTUK SISWA SMP KELAS VII PADA TOPIK BANGUN DATAR SEGITIGA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
ANALISIS BEBAN KOGNITIF PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS UNTUK SISWA SMP KELAS VII PADA.PDF Restricted to Registered users only Download (20MB) |
Abstract
This research is the analysis of the cognitive load on mathematical problem solving ability for junior high school students on the topic of flat wake triangle. This research is qualitative descriptive. Subjects were junior high school students of class VII with the number 9 SMPN 20 Kota Serang 2015/2016 school year, which is 3 ability high problem-solving and troubleshooting 3 ability being. The data used is the result of observation, interviews and test results problem-solving abilities. The method used is descriptive qualitative data triangulation technique. The result of research indicating that students with high-class problem-solving abilities have constructive cognitive load is high, intrinsic and extrinsic cognitive load low. Students with problem solving skills category was having intrinsic and extrinsic low, resulting in the students' focus and lack of preparation. Students with problem solving skills lower category workers less than optimal memory on cognitive load constructive because it is caused by intrinsic and extrinsic cognitive load is high.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini merupakan penelitian analisis beban kognitif pada kemampuan pemecahan masalah matematis untuk siswa SMP pada topik bangun datar segitiga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah Siswa SMP kelas VII dengan jumlah 9 orang siswa SMPN 20 Kota Serang tahun ajaran 2015/2016, yaitu 3 bekemampuan pemecahan masalah tinggi dan 3 bekemampuan pemecahan masalah sedang. Data yang digunakan adalah hasil observasi, hasil wawancara dan hasil tes kemampuan pemecahan masalah.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa siswa dengan kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi memiliki beban kognitif konstruktif yang tinggi, beban kognitif interinsik dan ekstrinsiknya rendah. Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah kategori sedang mengalami intrinsik dan ekstrinsik yang rendah, disebabkan pada fokus siswa dan kurangnya persiapan. Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah kategori rendah memori pekerjanya kurang optimal pada beban kognitif konstruktifnya karena disebabkan oleh beban kognitif intrinsik dan ekstrinsik yang tinggi. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 02 Nov 2021 04:43 | |||||||||
Last Modified: | 02 Nov 2021 04:43 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4248 |
Actions (login required)
View Item |