Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BAHAN SISA KARDUS DI PAUD ABC (AMONG BOCAH CILIK) CILEGON

SUGIARTI, NANI (2015) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BAHAN SISA KARDUS DI PAUD ABC (AMONG BOCAH CILIK) CILEGON. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BAHAN SISA KAR.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Childhood Education is the education of the most decisive developments subsequent children and a golden age is past for childhood education is one form of education that focuses on the implementation of the foundation towards growth and physical development (fine motor coordination and gross motor) intelligence (the intellect), creativity, spiritual and emotional behavioral attitudes. This study aims to investigate and get the facts or data obtained directly from the source about the role of teachers in childhood develop creativity through the use of media leftover cardboard. This study was conducted in PAUD ABC (Among Bocah Cilik) Cilegon in the second half of the school year 2012-2013. The method used in this research is a qualitative method with descriptive research. Samples are numbered three teachers and nine students. Data were collected through observation, interviews and documentation. The results of this study is to determine the role of teachers in early childhood develop creativity melelui media use cardboard residue. The implication of this study is to determine how the teacher's role in developing early childhood creativity through the use of media material leftover cardboard. Keywords: Role of Teachers, Creativity, Media leftover cardboard, Childhood

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorATIKAH, CUCU196612271992032001
Thesis advisorFATIMAH, ATIN197903082006042001
Additional Information: Pendiddikan Anak Usia Dini merupakan pendidikan yang paling menentukan perkembanagan anak selanjutnya dan masa usia emas ialah masa (golden age) pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan peletakan dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi maotorik halus dan motorik kasar) kecerdasan (daya pikir), daya cipta, emosi spiritual dan sikap perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendapatkan fakta atau data yang diperoleh dari sumbernya langsung tentang peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui penggunaan media bahan sisa kardus. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD ABC (Among Bocah Cilik) Cilegon di semester II tahun pelajaran 2012-2013. Metode yang digunakan dalam metode ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sampel penelitian adalah guru berjumlah 3 orang dan siswa yang berjumlah 9 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini melelui penggunaan media bahan sisa kardus. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui penggunaan media bahan sisa kardus. Kata Kunci: Peran Guru, Kreativitas, Media Bahan Sisa
Uncontrolled Keywords: Role of Teachers, Creativity, Media leftover cardboard, Childhood Peran Guru, Kreativitas, Media Bahan Sisa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 01 Nov 2021 08:18
Last Modified: 01 Nov 2021 08:18
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4230

Actions (login required)

View Item View Item