Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS PERBANDINGAN BEBAN KERJA MENTAL DAN FISIK PADA PEKERJA PREVENTIVE MAINTENANCE COKE OVEN PLANT DI PT. KRAKATAU PERBENGKELAN DAN PERAWATAN

Aziz, Malik Abdul (2021) ANALISIS PERBANDINGAN BEBAN KERJA MENTAL DAN FISIK PADA PEKERJA PREVENTIVE MAINTENANCE COKE OVEN PLANT DI PT. KRAKATAU PERBENGKELAN DAN PERAWATAN. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Skripsi Malik abdul aziz_3333141876.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
Skripsi Malik abdul aziz 3333141876_1-10.pdf

Download (1MB)

Abstract

PT. Krakatau Perbengkelan dan Perawatan (PT. KPDP) merupakan salah satu anak perusahaan PT. Krakatau Steel yang berfungsi untuk memperbaiki kerusakan mesin pada peralatan yang ada di PT. KS. Kegiatan preventive maintenance ini melibatkan 12 pekerja pada mesin COP dengan jam kerja selama 8 jam setiap hari dan para pekerja juga dituntut untuk mengerjakan banyak tugas yang diberikan dari PT. KS. Hal ini menyebabkan pekerja mendapatkan tekanan mental yang tinggi dikarenakan jumlah pekerja yang sedikit dan waktu penyelesaian yang singkat diwajibkan menyelesaikan pekerjaan perawatan tersebut dengan tepat waktu serta hasil yang maksimal agar produksi dari COP itu tidak terhambat sehingga ada kecenderungan operator mengalami kesalahan dalam urutan pekerjaannya, kondisi mental pekerja di divisi COP. Aktivitas fisik lainnya yaitu membawa perlengkapan las dan tools secara manual dan berulang kali dari gudang penyimpanan menuju lantai 5 mesin COP, sehingga cukup melelahkan. Dengan kondisi tersebut operator juga mendapatkan tekanan fisik lainnya seperti dengan cuaca yang cukup panas dikarenakan suhu disana mencapai 30 derajat yang dapat menimbulkan operator pada saat bekerja sering merasa letih pada saat bekerja. peneliti melakukan penelitian mengenai pengukuran beban kerja mental dan fisik. Perhitungan denyut nadi menggunakan alat oxy finger print, beban kerja fisik juga menghitung konsumsi oksigen, konsumsi energi dan %CVL. Pengukuran beban kerja mental dilakukan dengan metode NASA-TLX yang diisi oleh 12 responden karyawan PT. KPDP. Hasil pengolahan data diperoleh perhitungan NASA-TLX 76.06. Konsumsi oksigen 1.33, konsumsi energi 40.30 cardiovascular 28.50.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorUmyati, AniUNSPECIFIED
Thesis advisorLady, LovelyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: %CVL, NASA-TLX, Konsumsi Oksigen, Konsumsi Energi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 19 Sep 2024 14:50
Last Modified: 19 Sep 2024 14:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/42290

Actions (login required)

View Item View Item