JAISAH, JAISAH (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PEMERTAHANAN BAHASA JAWA BANTEN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARA DI TINGKAT SMP.pdf Download (4MB) |
Abstract
This study aims to find out and analyze applying the Make A Macth model to student learning outcomes in social studies subjects. The type of research used is quasiexperimental form of nonequivalent control group design. Sampling was done using purposive sampling technique. The selected sample is class IV A as the experimental class and class IV B as the control class that is treated using a direct learning model. Based on the processing of pretest data obtained the average value of students' social studies learning outcomes of experimental class is 61.07 while the control class is 52.19. After learning, both classes are given posttest. Based on the processing of posttest data obtained the average social studies learning outcomes of experimental class students was 78.83 while the control class was 76.65. Based on the results of the study it can be concluded that the results of social studies students who use the Make A Macth model are better than students who use direct learning models.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis menerapan model Make A Macth terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian yang di gunakan adalah kuasi eksperimen yang berbentuk nonequivalen control grup design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Berdasarkan pengolahan data pretes diperoleh nilai rata- rata hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen sebesar 61,07 sedangkan kelas kontrol sebesar 52,19. Setelah pembelajaran, kedua kelas diberikan postest. Berdasarkan pengolahan data postest diperoleh rata-rata hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen sebesar 78,83 sedangkan kelas kontrol sebesar 76,65. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model Make A Macth lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 01 Nov 2021 07:51 | |||||||||
Last Modified: | 01 Nov 2021 07:51 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4222 |
Actions (login required)
View Item |