HUNAENAH, ENONG (2018) PEMBELAJARAN APRESIASI CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS – ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI SMK JAYA BUANA KELAS XI. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PEMBELAJARAN APRESIASI CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI SMK JAYA BUANA KELAS XI”.pdf Download (4MB) |
Abstract
Model student teams – achievement divisions (STAD) pada prinsipnya adalah saling mendorong dan memotivasi antarsiswa agar terbentuk pemahaman bahwa belajar merupakan hal yang menyenangkan sehingga setiap siswa berusaha belajar dengan sebaik mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan apresiasi cerpen siswa dengan menggunakan model Student Teams – Achievement Divisions (STAD); (2) mengetahui kemampuan apresiasi cerpen siswa dengan menggunakan model konvensional; dan (3) menemukan ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan mnggunakan model Student Teams – Achievement Divisions (STAD) dan kelas kontrol yang memdapat perlakuan dengan menggunakan model konvensional dalam mengapresiasi cerpen. Penelitian ini merupakan penelitian Kuasi eksperimen dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran student teams – achievement divisions (STAD) dan variabel terikatnya kemampuan apresiasi cerpen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Jaya Buana. Sampel Penelitian adalah kelas XI TKJ A dan XI TKJ B. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pretest dan posttest) dengan bentuk uraian. Teknik analisis data dengan menggunakan uji prasyarat data yang terdiri atas uji normalitas, uji homogenitas, dan teknik uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penggunaan model Student Teams – Achievement Divisions (STAD) berpengaruh terhadap kemampuan apresiasi cerpen siswa kelas XI SMK Jaya Buana. Hal tersebut terbukti berdasarkan hasil pembelajaran yang memiliki peningkatan pada nilai rata-rata tes awal (pretest) sebesar 38.167 dan nilai ratarata tes akhir (posttest) sebesar 76.35 yang berarti terjadi peningkatan kemampuan apresiasi cerpen sebesar 38,183. Sedangkan dengan menggunakan model konvensional nilai rata-rata tes awal (pretest) sebesar 36.029 dan nilai rata-rata tes akhir (posttest) sebesar 63.32 yang berarti terjadi peningkatan keterampilan apresiasi cerpen sebesar 27,291. Selanjutnya skor rata-rata hitung tes akhir kedua kelas tersebut dihitung dengan menggunakan rumus uji-t dan diperoleh nilai thitung = 4.277 dan ttabel = 1.6742, karena 4.277 > 1.6742 atau thitung > ttabel. Hal ini menunjukan bahwa model Student Teams – Achievement Divisions (STAD) efektif dalam meningkatkan kemampuan apresiasi cerpen siswa di kelas XI.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 01 Nov 2021 07:13 | |||||||||
Last Modified: | 01 Nov 2021 07:13 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4212 |
Actions (login required)
View Item |