Nabila, Annisa (2018) MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI KEGIATAN BERMAIN SAINS (Penelitian Tindakan pada Anak Kelompok B di TK Nurul Fitri Tangerang Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI KEGIATAN BERMAIN SAINS (Penelitian Tindakan pada Anak Kelompok B di TK Nurul Fitri Tangerang Banten).PDF Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
The objective of this research are : (1) to know the process of playing science in improving the creativity of kindergarten B in TK Nurul Fitri Tangerang Banten; and (2) to know improvement of creativity children of kindergarten B in TK Nurul Fitri Tangerang Banten through playing science. Subjects in this research were kindergarten B in TK Nurul Fitri Tangerang Banten, which amounted to 11 childrens. The method used in this research is action research methods designed in two cycles. In cycle I there are 8 actions and in cycle II there are 2 actions, with success criteria for the action amount 60%. The data obtained from the observations, interviews, field notes, and documentation which analyzed quantitatively and qualitatively. The resultof this showed that : (1) the average creativity of 11 children from kindergarten B on the initial assessment is 29%, then to increased to 56% and cycle I and the end of cycle II increased to 79%; and (2) the science play activities has been successfully improving creativity. It was show that the creativity of kindergarten B in TK Nurul Fitri Tangerang Banten according to predeterminted success criteria after giving action of science play activities.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui proses pembelajaran bermain sains dalam meningkatkan kreativitas anak kelompok B di TK Nurul Fitri Tangerang Banten; dan (2) mengetahui peningkatan kreativitas anak kelompok B di TK Nurul Fitri Tangerang Banten melalui kegiatan bermain sains. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Nurul Fitri Tangerang Banten, yang berjumlah 11 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan yang dirancang dalam dua siklus. Pada siklus I sebanyak 8 tindakan dan siklus II sebanyak 2 tindakan, dengan kriteria keberhasilan tindakan sebesar 60%. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi yang dian0alisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) rata-rata kreativitas 11 anak kelompok B pada asesmen awal sebesar 29%, kemudian siklus I meningkat menjadi 56% dan pada akhir siklus II meningkat mencapai 68%; dan (2) kegiatan bermain sains yang diterapkan berhasil meningkatkan kreativitas. Hal ini menunjukkan bahwa kreativitas anak kelompok B di TK Nurul Fitri Tangerang Banten mengalami peningkatan sesuai kriteria keberhasilan tindakan yang telah ditentukan setelah diberikan tindakan berupa kegiatan bermain sains. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 01 Nov 2021 05:28 | |||||||||
Last Modified: | 01 Nov 2021 05:28 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4209 |
Actions (login required)
View Item |