HESTIA, TEMMY RISKI (2021) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TRANSPORTASI ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN METODE IPA DAN MODEL KANO (STUDI KASUS: GRABCAR PT GRAB INDONESIA). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text (Fulltext)
Skripsi TA Temmy R H (3333160074) Full.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text (Abstrak)
Skripsi TA Temmy R H (3333160074) Cover-Abstract.pdf Download (843kB) |
Abstract
Dalam perkembangan teknologi saat ini internet tidak hanya menghubungkan jutaan manusia di seluruh dunia tetapi juga telah menjadi basis bagi transaksi perdagangan dan transportasi secara online. Persaingan yang semakin ketat menyebabkan setiap perusahaan jasa harus menempatkan kepuasan pelanggan sebagai tujuan utama dan diyakini sebagai kunci utama untuk memenangkan persaingan. PT Grab Indonesia merupakan perusahaan asal Singapura yang telah beroperasi di Indonesia di bidang jasa layanan transportasi online. Salah satu layanan dan jasa andalan yang ditawarkan oleh Grab adalah GrabCar. Dalam menyikapi pengguna, driver Grabcar masih memiliki kelemahan-kelemahan seperti tidak tepat dalam menganalisa rute tercepat atau driver tidak memberikan pemberitahuan apabila akan datang terlambat dalam menuju pelanggan. Dengan meningkatkan kinerja pelayanan maka dapat meningkatkan daya saing terhadap perusahaan sejenis. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 150 orang pengguna GrabCar di wilayah Jakarta. Integrasi metode Importance Performance Analysis (IPA) dan model Kano digunakan untuk mengetahui persepsi pengguna terhadap atribut-atribut pelayanan dan mengetahui atribut pelayanan yang perlu ditingkatkan. Dari hasil pengolahan data, diperoleh atribut pelayanan yang mendapat prioritas utama untuk diperbaiki yaitu atribut: 4 (Driver GrabCar memberikan pemberitahuan apabila terjadi keterlambatan pelayanan kepada pelanggan), 11 (Customer Service GrabCar cepat dalam menanggapi keluhan pelanggan) dan 3 (Driver GrabCar mempunyai pengetahuan jalan atau alamat yang akan dituju).
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | IPA, Kepuasan pengguna, Model Kano, Transportasi Online | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications T Technology > T Technology (General) |
|||||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan FT | |||||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2024 16:05 | |||||||||
Last Modified: | 11 Sep 2024 16:05 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/42008 |
Actions (login required)
View Item |