Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA SUBKONSEP POLA-POLA HUKUM MENDEL

FITROH YANTI, AINUL (2016) PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA SUBKONSEP POLA-POLA HUKUM MENDEL. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

The purpose of this research is to produce teaching materials in the form of selflearning modules contextually based on subconcepts Patterns of Law Mendel a feasible used by students. This research is research of development of using research and development (R & D) methode, by modifying the design of research using 3-D models, that is define, design, adan develop. Research doing in july until december 2015 in Cilegon. The data collection techniques using instruments such as questionnaires and questionnaires fesibility assesment module. The results of data collection were analyzed descriptively. Calculation and determination of the quality of the modules is based on the ideal criteria assessment. Module quality assessment do by a team of expert validation, is lecture of biology UNTIRTA and biology teacher SMA/ MA Cilegon covering 6 aspects of the 36 criteria for assessment. Quality assessment result according to expert validation module indicates that the module that was developed has very good quality and very feasible for use as a self-teaching materials for students. The average score obtained for 4,4 out of maximum score of 5. Key words: Research development, contextual based learning module, subconcepts patterns mendel’s law.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMURNI, DEWI197808212005012001
Thesis advisorSURATMI, SURATMI198212032009122002
Additional Information: Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar mandiri berupa modul pembelajaran berbasis kontekstual pada subkonsep Pola-pola Hukum Mendel yang layak digunakan oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan metode Research and Develpoment (R & D), dengan memodifikasi desain penelitiannya menggunakan model 3-D, yaitu define, design, dan develop. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai bulan Desember 2015 di kota Cilegon. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa kuisioner dan angket penilaian kelayakan modul. Hasil dari pengumpulan data dianalisis secara deskriptif. Perhitungan dan penentuan kualitas modul dilakukan berdasarkan kriteria penilaian ideal. Penilaian kualitas modul dilakukan oleh tim validasi ahli, yaitu dosen Biologi UNTIRTA dan guru Biologi SMA/ MA Kota Cilegon meliputi 6 aspek dengan 36 kriteria penilaian. Hasil penilaian kualitas modul menurut validasi ahli menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan mempunyai kualitas sangat baik dan sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar mandiri bagi siswa. Skor rata-rata yang diperoleh 4,4 dari skor maksimal 5. Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual, Subkonsep Pola-Pola Hukum Mendel.
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual, Subkonsep Pola-Pola Hukum Mendel. Research development, contextual based learning module, subconcepts patterns mendel’s law.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 01 Nov 2021 05:10
Last Modified: 01 Nov 2021 05:10
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4199

Actions (login required)

View Item View Item