Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KOSAKATA MELALUI MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan pada Anak Kelompok A di PAUD Al-Syaukah Pandeglang Banten)

AZIZAH, RIFKIYANTI (2018) MENINGKATKAN KOSAKATA MELALUI MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan pada Anak Kelompok A di PAUD Al-Syaukah Pandeglang Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
MENINGKATKAN KOSAKATA MELALUI MEDIA GAMBAR.PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana proses proses penggunaan media gambar dalam meningkatkan kosakata anak kelompok A di PAUD Al-Syaukah Pandeglang-Banten. (2) Untuk mengetahui apakah kosakata anak kelompok A dapat ditingkatkan melalui media gambar di PAUD Al-Syaukah Pandeglang-Banten. Metode yang digunakan ialah metode Penelitian Tindakan (PT) peneliti bekerjasama dengan guru kelas dengan 2 siklus tindakan. Subjek penelitian terdiri dari 12 orang anak yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 5 anak laki-laki di PAUD Al-Syaukah Pandeglang Banten. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi (Chek list). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan dari penelitian jika perhitungan presentase mencapai 75% anak mengalami peningkatan kosakata. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada tahap awal dalam proses pembelajaran melalui media gambar dengan merancang RPPH, menyiapkan media yang akan digunakan, menyiapkan kelas untuk kegiatan pembelajaran dan mengkondisikan anak, kemudian melaksanakan tindakan siklus I yang terdiri dari 8 kali tindakan, dan siklus II yang terdiri dari 8 kali tindakan (jika sudah mencapai target sebelum 8 kali tindakan penelitian dapat dihentikan), evaluasi yang dilakukan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan tentang kegiatan yang telah anak lakukan. Hasil penelitian yang diperoleh kosakata anak diketahui pada pra penelitian masih sangat rendah dengan 28%, kemudian pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 45%, pada siklus II diperoleh hasil 78%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui media gambar dapat meningkatkan kosakata anak kelompok A di PAUD Al-Syaukah Pandeglang-Banten.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorKhurosani, LulukUNSPECIFIED
Thesis advisorKusuma Wardhani, DinaUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana proses proses penggunaan media gambar dalam meningkatkan kosakata anak kelompok A di PAUD Al-Syaukah Pandeglang-Banten. (2) Untuk mengetahui apakah kosakata anak kelompok A dapat ditingkatkan melalui media gambar di PAUD Al-Syaukah Pandeglang-Banten. Metode yang digunakan ialah metode Penelitian Tindakan (PT) peneliti bekerjasama dengan guru kelas dengan 2 siklus tindakan. Subjek penelitian terdiri dari 12 orang anak yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 5 anak laki-laki di PAUD Al-Syaukah Pandeglang Banten. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi (Chek list). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan dari penelitian jika perhitungan presentase mencapai 75% anak mengalami peningkatan kosakata. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada tahap awal dalam proses pembelajaran melalui media gambar dengan merancang RPPH, menyiapkan media yang akan digunakan, menyiapkan kelas untuk kegiatan pembelajaran dan mengkondisikan anak, kemudian melaksanakan tindakan siklus I yang terdiri dari 8 kali tindakan, dan siklus II yang terdiri dari 8 kali tindakan (jika sudah mencapai target sebelum 8 kali tindakan penelitian dapat dihentikan), evaluasi yang dilakukan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan tentang kegiatan yang telah anak lakukan. Hasil penelitian yang diperoleh kosakata anak diketahui pada pra penelitian masih sangat rendah dengan 28%, kemudian pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 45%, pada siklus II diperoleh hasil 78%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui media gambar dapat meningkatkan kosakata anak kelompok A di PAUD Al-Syaukah Pandeglang-Banten.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 01 Nov 2021 04:25
Last Modified: 01 Nov 2021 04:25
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4187

Actions (login required)

View Item View Item